LASIK Pengalaman Pribadiku (2 – Habis)


Ruang Tunggu operasi.

Setelah pemeriksaan oleh dokter, lalu kami (saya & istri) mendaftar di Bag. Ruang operasi. Biayanya sudah diberitahukan yaitu 9,6 juta untuk 1 mata (Juli 2008). Jadi saya harus sedia 19,2 jt untuk 2 mata belum termasuk ongkos nginap di hotel dan juga ongkos pesawat terbang.

Jika operasinya di JEC Menteng, banyak pasien yang menginap di hotel Marcopolo. Kira-kira 400 mtr dari JEC jalannya lurus aja gitu. Tapi jangan pernah mengecilkan jarak ini dengan berkata “oh.. dekat kok.. bisa jalan kaki aja.” Saya mau beritahukan ya.. saya pertamanya gitu juga. waduh.. ternyata setelah operasi aku tidak sanggup jalan lagi walaupun jaraknya dekat gitu. Mata rasa cekot-cekot karena pengaruh anestesinya habis, penglihatan kabur seperti ada asap tebal warna putih disertai rasa mata perih dan mual.

Oke kembali ke kamar operasi lagi. Antriannya ada 4 orang di depan saya. Proses operasi bisa disaksikan langsung melalui jendela kaca besar yang sengaja dipasang untuk kita yang mau mengamati jalannya operasi itu. Sepintas lalu terlihat operasinya cuman sekitar 20 menit untuk satu mata. Dokter dan perawatnya terlihat sudah lancar sekali tidak canggung dan kagok. Kelihatannya begitu mudah aja. Selesai operasi, pasien lalu langsung keluar dengan diantar oleh perawat. diminta duduk istirahat dulu di sofa. Ada pasien yg keluar dengan senyum-senyum, ada yang meringis seperti orang ketakutan yang sudah lega karena sudah melewati hal yang menakutkan.

Jam 18.00 namaku dipanggil untuk di Lasik.  Sesudah menggunakan pakaian operasi lengkap sama tutup kepala aku diminta berbaring di meja operasi untuk yang digunakan untuk membuat flap mata. Oh ya, di dalam Ruang operasi ini ada 2 peralatan yang mencolok. Semuanya ada tempat untuk pasien berbaring. Yang pertama adalah peralatan untuk membuat flap (mengiris kornea mata dengan laser) dan yang kedua adalah meja operasi untuk mata kita ditembak dengan laser.

Pembukaan Flap.

Proses pertama adalah mata kita akan diiris untuk pembuatan flap. Pasien disuruh tidur di alat yang pertama. Ada alat terasa seperti kawat (saya tidak tahu persis bentuknya) dipasang di mata lalu suction dinyalakan. Suction ini mengisap mata kita agar keluar sedikit dari tempatnya sehingga ada ruang untuk diiris. Proses ini adalah proses yang paling menyakitkan dari seluruh proses lasik. Yang sakit bukan matanya tetapi rasa sakit terasa pada otot yang menahan bola mata kita. Sewaktu bola mata diisap/ditarik keluar, otot yang menahannya terang aja menegang sehingga rasanya sakit. Mau tahu rasa sakitnya? Hmm.. gimana ya.. rasin sendiri deh. Sulit digambarkan. Rasanya anestesi hanya untuk mata kita, ototnya tidak kena bius. Tetapi sabar saja, sakitnya masih bisa ditahan kok.

Setelah semuanya pada posisi yang betul, asisten dokter menghitung mundur untuk 30 detik. Pas detik ke tigapuluh kornea sudah diiris. sewaktu kawat suction dilepas, wow lega sekali rasanya. Tapi perasaan kuatir ini belum berakhir. Kalau mau lasik 2 mata, tentu proses ini harus dilalui sekali lagi.

Penyinaran Laser.

Pasien lalu pindah ke meja operasi yang kedua. Bentuknya ada meja untuk pasien berbaring lalu diatas mata kita ada ala penembak laser dan mikroskop kamera.

Pasien berbaring sambil menatap pada lampu merah dalam mesin, lalu Dokternya mulai meneteskan obat mata yg ada anestesinya gitu. Bola mata jangan goyang, harus konsentrasi terus menatap lampu merah. Bola mata saya beberapa kali bergerak dan kena teguran dokter. “jangan goyang matanya” gitu tegurnya.

Penopang kepala tidak ergonomis.

Terus terang, sewaktu sedang dikerjakan, saya tidak terlalu merasakan kesakitan di mata. Tetapi yang paling mengganggu adalah bagian belakang leher saya yang penat karena harus menopang kepala dengan posisi yang tidak sempurna. Di tengah proses operasi,  saya bertanya-tanya dalam hati. Kok designnya tidak dibuat lebih ergononis gitu, pas dengan belakang leher kita. Saya sarankan, sebaiknya meja operasi itu diberikan bantal kepala untuk mengganjal kepala kita. Ini adalah penderitaan yang paling besar deh.. leher musti menopang kepala dan tidak bisa bergerak selama kurang lebih 10 menit. Wow penat skalee, belakang leher ini. Sampai rasanya harus diberikan balsem.

Jadi, bola mata jangan digerakkan, dan selama sekian detik laser akan ditembakkan ke mata kita dan membentuk mata kita sesuai dengan yang telah ditentukan dokter. Mata sih tidak terasa sakit, cuma tercium bau terbakar. Laser membakar jaringan mata.

Akhir Operasi.

Setelah selesai dilaser, flap mata ditutup kembali oleh dokter. Lalu diberikan tetes mata. Dan operasi sudah selesai. Pasien bisa meninggalkan ruang operasi.

Pasca Operasi.

Keluar dari Ruang Operasi, Pasien diberikan kacamata berbentuk gogle supaya debu tidak masuk dan kalau mandi, mata jangan kena air dan sabun.

Penglihatan kita akan kabur. Seperti ada kabut tebal. Kita menenangkan diri dulu di sofa. Nah proses selanjutnya adalah pembayaran. Disinilah pentingnya bawa pendamping. Jangan pernah berpikir pasien sendiri yang akan menyelesaikan pembayaran dan tetek bengek lainnya. Tidak bisa lah itu! Setelah operasi, pasien cuma bisa istirahat dan mata mulai rasa ‘sepet’ karena pengaruh anestesinya sudah berangsur-angsur hilang. Ini adalah saat-saat yang memerlukan ketabahan. Jangan pernah berpikir mau cepat-cepat bisa liat normal gitu. Dokter memberikan 2 jenis obat tetes mata. Tobradex & Cenfresh.

Setelah pembayaran semua selesai, kami pulang ke hotel. Perasaan saya waktu itu ada rasa mual dan rasa takut kalau-kalau operasi tidak berhasil. Semuanya bercampur jadi satu.

1 Hari setelah Lasik.

Besok paginya, kami kembali lagi ke tempat prakteknya dokter untuk kontrol hasil operasi. Saya diperiksa langsung sama Profnya kembali.  Sewaktu diperiksa, wow ternyata saya bisa membaca tulisan-tulisan dari yang besar sampai yang kecil tanpa kacamata! Saya sampai kaget gitu loh.. maklumlah saya sudah tidak percaya diri lagi membaca tanpa kacamata, saking lamanya saya pakai kacamata.

Prof bilang semuanya OK. Perlengketan flap bagus! Boleh pulang.

Pulang, mata masih rada sepet, kabur dan yang paling mengejutkan adalah Saya Tidak bisa baca Surat Kabar! Mata tidak bisa fokus ke huruf-huruf yang tercetak di koran! Waduh.. panik juga rasanya. Lalu saya telpon teman saya yang sudah operasi lasik, dia bilang memang pertama begitu, tapi nanti setelah 2 minggu baru mulai bisa membaca.

Dalam proses penyembuhan ini, tetes mata harus tetap digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Mata masih merah, gatal dan teasa kasar.

2 minggu setelah lasik.

Mataku berangsur-angsur bisa melihat dengan terang. Melihat benda-benda jauh sudah baik dan jelas. Tetapi terasa bahwa mata ini belum normal betul. Rasa ‘sepet’  dan gatal di mata masih ada. Jangan lupa untuk rajin-rajin tetes mata. Mata merah tiap bangun pagi. Baca surat kabar sudah mulai bisa, walaupun agak memaksa.

1 bulan setelah lasik.

Pas 1 bulan setelah lasi, saya pas dapat kesempatan ke Jakarta lagiuntuk rapat urusan kantor. Kontrol lagi ke tempat prakteknya Prof. Dan setelah diperiksa, hasilnya bagus. Boleh beraktifitas lagi secara normal. Oh ya, untuk pemeriksaan ini saya tidak dikenakan biaya sama sekali.

Keluhan yang masih ada ialah mata kadang-kadang masih terasa gatal dan kasar, pandangan malam jika melihat kearah lampu akan timbul efek seperti bintang. Mata merah setiap bangun pagi, tetapi segera hilang sehabis diberikan tetes mata. Baca surat kabar sudah bisa, tetapi mata masih cepat lelah.

6 bulan setelah lasik

Penglihatan jauh sudah bagus, efek bintang itu sudah hampir hilang. Tetapi mata terasa gatal dan merah masih sering ada. Tetes mata pakai cenfresh bisa mengatasi semua ini. Baca surat kabar dan dokumen dikantor sudah tidak masalah. Mata sudah tidak lelah.

8 bulan setelah lasik.

Pandangan mata sudah jelas, efek bintang sudah tidak ada. Mata merah ketika bangun pagi masih ada tapi frekuensi sudah berkurang banyak. Tetapi kalau sudah tetes cenfresh mata merahnya jadi tidak ada lagi.

11 bulan setelah Lasik

Pandangan sudah OK. Mata masih sering merah pada waktu bangun pagi. diberikan tetes mata sudah ok lagi. Sekarang sudah lebih sering tidak menggunakan kacamata lagi kalo keluar.

1 tahun setelah Lasik

Penampilan saya sehari-hari kebanyakan sudah tidak berkacamata. Mata sudah OK, cuma masih sering gatal dan cepat lelah dan mata rada merah kalau sudah lelah. Tapi kalau sudah diberikan obat tetes mata Cenfresh sudah akan langsung segar kembali. Hmm sekarang persediaan obat tetes mata jadi keharusan deh.. Kalau orang lain mungkin uang sakunya dibelikan rokok atau gula-gula penyegar mulut, hmm saya jadinya dibelikan cenfresh lah.

15 bulan setelah lasik

Pemakaian tetes mata ternyata telah menyebabkan alergi jika dipakai berkepanjangan.  Mata terasa sangat gatal. Pertama saya tidak mengetahuinya. Saya percaya aja, kalau gatal tetes mata saja. Tetapi akhirnya saya hentikan tetes mata itu dan mata jadi tidak gatal lagi. Mulai sekarang tetes mata sudah saya tinggalkan. Pesan saya, jika sudah digunakan dalam waktu lama, penggunaan tetes mata harus dihentikan.

Penutup.

Untuk teman-teman pembaca yang mau lasik, kiranya pengalaman pribadiku ini bisa dijadikan tambahan referensi. Pesan saya, jangan takut. Carilah info sebanyak-banyaknya sebelum lasik dan percayalah dokter-dokter yang menanganinya sudah ahli di bidangnya ini.

Bila masih ada yang ingin ditanyakan perihal pengalaman lasik, kiranya jangan sungkan untuk email ke saya. Saya akan dengan senang hati membantu. Bye-bye kacamata.. (Habis)

198 pemikiran pada “LASIK Pengalaman Pribadiku (2 – Habis)

  1. isabella anggreny

    emm…saya mau tanya nih,,saya mempunyai kedua mata yg minus, yakni minus 4 dan jg silinder (pada masing-masing mata)..
    saya sudah beberapa kali kontrol k JEC kebun jeruk,tapi saya msh bingung. apakah saya lebih baik memilih lasik d indonesia (JEC) atau lasik d mount elizabeth (singapura)..
    saya mencoba meyakini diri saya untuk dapat menjalani lasik ini,tetapi terkadang saya ada keraguan (hal ini terjadi mungkin krn kurangnya referensi untuk saya)..
    saya takut kalau2 operasi ini tidak akan berhasil,saya sangat membutuhkan respon dari anda (Bapak atau Ibu) dan saya mengucapkan terima kasih atas informasi yg diberikan.kiranya smua ini dapat banyak membantu saya.

    1. petock

      Trims buat emailnya. Rasa was-was seperti itu juga saya alami sebelum memutuskan untuk lasik. Pertanyaannya dimana RS yg aman dan pasti bagus gitu. Saran saya adalah pilihlah dokter yg menangani lasikmu itu yg berpengalaman. Cari track recordnya (cukup banyak di internet). Mengenai di Jakarta atau Singapore, saya yakin dokter-dokter di Jakarta tidaklah kalah dengan Singapore. Sekali lagi coba periksa track recordnya. Ada teman saya yang habis operasi mata juga di S’pore tapi sampai sekarang matanya masih bermasalah, air mata terus keluar katanya. Kalau untuk di JEC atau Klinik Mata Nusantara saya kira sudah Oke punya lah dokter-dokter disana. Kalau di Jakarta tentu biayanya bisa lebih murah bukan? Dan sekali lagi yg terpenting adalah “the man behind the laser beam gun.” Selamat memberanikan diri..

    2. sis, lasik di ind jg bagus. pilih yang tanpa pisau, z lasik setahu saya adalah teknologi terkini (yang saya pilih 1 thn lalu di jec).

      kenapa saya berpendapat lasik dimana2 sama, asal rs nya cukup bonafid? karena lasik kan yang canggih mesinnya. dokter hanya melakukan sedikit/ minimal effort, walau tentunya butuh keahlian mereka. hanya butuh beberapa menit kok.

  2. Eka

    Saya jg punya rncna utk lasik mata-tujuan nya biar gk pake kacamata lagi,cma ras was2 berhasilkah tujuan saya ini-siapa referensi dokter mata yang bgus di malaysia plus budget?

  3. Saya baru sahaja menjalani operation lasik pax multifokus pada 20jun 2009, baru 5 hari berlalu. Sepatutnya saya melakukan lasik keatas 2 belah mata tetapi semaa operation, dokter mengsan adanya katarak dimata kiri, maka lasik hanya dilakukan dimata kanan. Adakah saya mampu melihat dengan jelas dengan hanya operation satu mata sahaja? Adakah saya masih perlu melakukan operation katarak untuk mata kiri saya? …Persoalan ini sangat hebat bermain difikiran saya…lantaran penglihatan saya masih kabur setelah 5 hari berlalu.

    Harap dapat kita berkongsi pendapat.

  4. erwin

    Saya baru 1 minggu ikut lasik,katanya mata saya monovision (apakah anda sama seperti saya?).kalau monovision juga butuh waktu berapa lama supaya bisa membaca dan melihat jauh. dengan nyaman karena ukuran mata kiri dan kanan dibuat berbeda,apakah itu tidak menjadikan anda pusing?,soalnya sampai sekarang saya masih belum bisa fokus.Terima kasih sekali atas informasinya

    1. petock

      Hi, Erwin
      Selamat ya.. sudah berani untuk LASIK. Proses penyembuhan tidak bisa terlalu cepat. tetapi kalau pengalaman saya sesuai dgn blog saya sih.. sekitar 1 bulan sdh bisa baca dan lihat dgn baik. dan itu akan berangsur-angsur baik seiring berjalannya waktu. Harap sabar ya..
      Untuk perbedaan ukuran mata kiri dan kanan, saya kira otak kita akan belajar untuk menyesuaikan diri.

      Trims ya, sudah membaca dan respons blogku ini.
      Semoga cepat sembuh dan sehat ya..

    2. Lani

      Saya terbiasa dengan monovision saat menggunakan softlens, untuk mensiasati tanpa kaca mata plus. Juga saat Lasik saya menerapkan hal itu untuk antisipasi usia supaya tidak perlu kaca mata baca, dokter juga sarankan hal yang sama Asal beda hanya sedikit misal 0 dan -1 tidak pusing di saya sampai sekarang. Biasanya mata yang lebih aktif dibuat 0 dan yang agak lazy -1. Biasanya kita bisa membedakan itu dan minta dokter cek untuk konfirmasi. Jadi peran aktif kita tetap diperlukan.

  5. Lian

    mw nanya pak,

    apa 3 hari setelah lasik anda bisa beraktifitas secara normal ?? maksud saya, apa pengelihatan anda sdh cukup baik untuk bekerja?
    karen saya kepingin sekali untuk lasik. hanya saja saya berada di kalimantan timur. untuk cuti saya hanya bisa 3 hari. yg saya khawatirkan waktu 3 hari itu mata saya blm bisa kompromi untuk kerja.
    please infonya. tq

    1. petock

      Kalo cuma 3 hari, rasanya mata ini belum bisa diajak untuk kerja normal. Belum bisa.
      Pandangan masih seperti ada selaput kabut tipis.

      Saran saya, sebaiknya istirahat 1 minggu saja. Untuk cuti bisa cari trik lain bukan? Minta operasi hari Jumat. Sabtu, minggu khan libur di kantor, jadi cuti lanjutkan kembali Senin-selasa. Rasanya gitu. Atau cari cara lain saja deh.

      Kalau anda baca blog saya itu, rasanya kita akan benar-benar rasa bebas dari gangguan mata kira-kira 6 bulan pasca Lasik.

      Trims buat tanggapannya.

  6. lian

    1 pertanyaan lagi pak,
    untuk menginap, menurut cerita anda hotel yg terdekat adalah hotel marcopolo. kira” 400m dari JEC. blh saya tau tarif/night di hotel tsb waktu itu berapa ya?? supaya saya bisa prepare all budget. karena saya searching net ga dpt info hotel tsb. tx before pak…

    pengalaman anda sangat berharga buat saya.

    1. petock

      tarif hotel cukup mahal. rasanya sekitar 400 rb per malam termasuk breakfast. Kalo mau hotel lain mungkin ada, tapi saya tidak tahu dimana itu. Hotel ini perlu yg dekat supaya besok kalau kita harus kontrol ke JEC kita tidak repot lagi dengan urusan macet dll.

      1. desy elim

        saya mau tny sedikit..
        saya udh jalani lasik 6 bulan yg lalu,dgn minus mata kanan 6,5 silinder 2 dan mata kiri dgn minus 3,5 silinder 1.
        smp hr ini saya msh merasa tetap mata kiri saya dgn minus dan silinder yg lbh rendah memandang dgn sangat jelas,sedangkan mata kanan tidak sejelas dan seterang mata kiri..saya sudah cek ke dokter 3 bln pas pasca lasik,hasilnya Ok dan tidak ada minus dan silinder lg,tp ttp penglihatan mata kanan saya tidak sejelas mata kiri.apa memang bs begitu ya,gk ada minus dan silinder lg tp ttp tdk seterang dan sejelas mata sebelahnya??
        oh ya 1 lg,saya mau tanya,smp kpn ya penggunaan obat tetes mata,krn smp skr saya masih ttp menggunakan obat tetes mata yg disarankan dokter??
        terima kasih sebelumnya buat infonya,saya sangat membutuhkan info trsbt..
        tolong jawabannya ke email saya aja ya.. (squeen_vee@yahoo.com)
        GBU

    1. petock

      Sdri. Lussy, nama dokter yg operasi saya adalah Prof. Istiantoro. Dia kalo ndak salah adalah direktur JEC. bisa cari entrynya di google.com. jam terbangnya sudah tinggi. Silahkan menghubunginya.
      Oh ya, kalau sudah menjalani lasik itu dan sembuh, kalo bisa tolong kasi komentar testimoni di blog ini ya. Supaya bisa menolong teman2 lain yg membutuhkan info testimoni kita yg sdh pernah dilasik. Trims

  7. lian

    hallo pak,

    pengalaman anda sangat berharga buat saya. alhamdulillah, 16 nov 09 lalu saya sudah dilasik sama persis dgn pengalaman anda. skarang sedang dalam proses pemulihan. sungguh, saya hampir ga percaya. setelah 21 tahun bergantung dgn kacamata, skarang sdh terbebas. alhamdulillah….

    segera saya publish sejarah saya ini di blog saya…

    1000 terima kasih buat anda….

    1. petock

      Mas Lian,
      Syukurlah kalo blog ini akhirnya dapat memberikan sedikit sumbangsih buat teman-teman yang mau lasik.
      kalau mas Lian mau, silahkan sumbang pengalaman lasiknya di blog saya ini. Akan saya terbitkan segera.

      Ok pak, ati-ati dgn mata barunya ya pak.. Hmm.. sekarang sdh bisa cuci mata ya pak 🙂 Selamat ya..

  8. lian

    sharing lagi nih pak

    hari ini adalah hari ke 11 setelah saya lasik,tapi klw malam pandangan saya terasa pecah atw berbintang jika kena cahaya lampu. oh ya, hari senin lalu 1 minggu setelah saya lasik saya kontrol ke dokter mata di kota saya (referensi dari prof). alhamdulillah mata kiri saya baik, tapi mata kanan saya kata dokternya maih ada silinder yg tersisa, bahkan katanya nanti harus tetap pakai kaca mata lagi. waduh…saya jd bingung nih, apa memang msh ada yg tersisa ya?? padahal menurut pengalaman anda 6 bulan khan pandangan baru cukup sempurna. menurut pengalaman anda gmn??

  9. hitachi

    saya juga baru lasik nih 2 hari yg lalu d JEC bener ya saya uda bs liat tv dr jarak jauh bc plang2 jalan yang jaraknya jauh, tapi klo bc sms, brosing internet dr hp. kya berselaput2 dipinggir dalam mata…klo jarak jauh tidak…emang iya y?? ilang kan nanti…terus pagi hari matanya merah iya klo bangun tidur..tapi msa setiap hr akan spt ini???hrs ditetes baru normal…terus kalo cahaya ga da keluhan bintang2 cm keterangan aja,,, ahahahaha, kya liat laptop gtu…wajar ya??? terus sya ada bleeding sdkt jd pth2ny mata sblh kiri ada merah2nya gut..katanya akan ilg sendiri kata dokternya..bnr ga??? makasiih yaaa sya takut ga ilang2 niii dampaknya

    1. UC

      @hitachi : saya juga baru lasik sekitar hampir 2 minggu lalu di JEC menteng sama kyk Petock dan hasilnya cukup memuaskan. sebelumnya saya minus 9 sekarang sudah bisa baca dengan jelas..Alhamdulilah ga ada rasa gatal – gatal atau merah sedikitpun jadi saya tidak terlalu tergantung dengan obat CENFRESH. tp bercak darah di pinggir2 memang masih ada, lama2 menipis keliatannya. Tapi saya belum terlalu berani nyetir malam hari karna masih ada kabut dan klo ngeliat lampu mobil ada lingkaran cahayanya (HALO mungkin ya istilahnya) itu kira2 akan hilang sampai berapa lama ya? dan normal ga ya? karena klo liat ke monitor sedikit silau dan berkabut..ada efek gt juga ga?? untuk Petock postingannya sangat bermanfaat, thanx udah mau share 🙂

      Balas:
      @Zodagembira: Syukurlah kalo blog ku bisa memberikan pencerahan dan mengurangi rasa cemas untuk lasik. Senang sekali bisa berbagi pengalaman ini.
      Kalo u mau nulis pengalamannya bisa posting ke blogku ini, nanti saya posting.
      Trims ya.

  10. mei

    saya lasik 10 juni lalu, penglihatan memang sudah terang, tapi baca majalah dan baca email masih berbayang tulisannya…sampai kapan bisa focus ke tulisan yaa…tks infonya..

    1. petock

      Kalau untuk focus ke tulisan, seperti sekitar 1 bulanan deh.. sabar saja dulu ya. Rasanya liat jauh lebih duluan bagus baru bisa mulai focus ke tulisan. OK deh.. semoga cepat sembuh ya..

      Oh ya, trims buat kunjungan dan commentnya di blog ku.

    2. randy

      halo mei… kalo boleh tau bagaimana penglihatan sekarang apahkah masih berbayang?? saya baru menjalani operasi lasik mengalami hal yang sama pandangan berbayang. mohin infonya dunk kondisi mata anda sekarang???

  11. stephanus

    Dear Petock

    Informasi yang sangat berguna thx.

    Aku mau tanya istri saya br menjalani operasi lasik.
    hasilnya bagus.
    Bs tolong kasih saran, apakah boleh 4 hari pasca operasi lasik, pergi makan di luar?
    thx

    1. petock

      kalo makan di luar rasanya sih oke aja tuh.

      Saya makan KFC begitu abis di lasik. hehehe.. soalnya pendatang kayak aku khan ndak bisa masak di hotel bukan. yang penting makanannya jangan yg bisa bikin alergi gitu. Ntar gatal dan garuk-garuk mata yg belum normal khan repot toh..

      Hmm.. jangan lupa ajak-ajak ya kalo makan di luar 🙂

      Bye..

  12. mas, let me introduce myself, nama sy cynthia. Saya baru Lasik 3 hari lalu, dan mata saya masih serasa berkabut dan belum nyaman bekerja, apalagi di depan komputer…
    tadinya saya khawatir keadaan spt ini tdk normal..tp setelah baca blog mas, ternyata keadaan berkabut itu biasa…sampai 6 bulan ya? hmm…brarti sy hrs sabar, hehehe

    by the way, beberapa org bilang kalau mata sy jadi agak juling setelah lasik, apakah case spt itu jg memang ada???

    Tks,
    cynthia

    1. petock

      Trims sudah baca dan meramaikan blogku. Kalo tentang mata jadi agak juling setelah operasi lasik, rasanya tidak deh. Soalnya khan lasik cuma buka kornea yang sudah ada lalu di permak. Jadi bukan mengubah letak biji mata gitu. Saya kira gitu deh.. Ok. semoga cepat sembuh ya..

  13. samuel

    wah, kemarin hari rabu saya baru z lasik di jec kebon jeruk. lumayan jg 20 juta, tapi worthed lah.
    sama seperti mas petock, kuaguet ga isa baca dlm jarak dekat, padahal hobi saya membaca. Hahahaha. saya kira dokternya salah nge laser!!! hari ini membaca sudah lumayan, tapi hrs sedikit dijauhkan. kl dekat blm bisa fokus mas

    1. Edi

      @Samuel : Mau tanya nama dokter yg handle anda buat referensi. saya juga mau lasik nih. tapi bingung di mana dan dokter apa. Thx ya untuk balasannya.

    2. petock

      Selamat ya Samuel,
      Sekarang tinggal kesabaran hati aja.. dan ehmm doa.. supaya proses penyembuhannya semua bisa lancar.

      Sekarang 20 jt ya? wow.. masih mahal juga ya? mudah-mudahan lain kali bisa lebih murah sehingga banyak yg bisa tertolong.

      Trims ya

    3. sam

      bro Edi, itu yg disebutkan sama oom petock salah satu yg paling berpengalaman kurasa, pak Istiantoro.
      selang 1-2 bln mata normal sudah, enak buat baca dekat & jauh. yg penting ukuran kacamata hrs sudah stabil jd kondisi mata ga berubah2 stlh dilasik 🙂

  14. Isca

    Halo pak..

    Mau ikutan tnya2 tentang lasik nih. mata saya -2.75(kanan) dan -3(kiri) pekerjaan saya sehari2 depan komp terus microsoft excel . tipe mata saya kering, sering merah, tiap kali tetes mulu insto moist, pakai softlens tdk boleh oleh 3 dokter yg berbeda.

    ragu di lasik karena takut, kalaupun jd dilasik mungkin satu mata dulu….

    Ingin sekali lepas kaca mata tapi masih ngeri was-was untuk di lasik. apakah setiap paien yg dilasik setelah itu manjadi kesulitan untuk baca tulisan dekat untuk beberapa saat?jd mata plus yah?mata kering??sekarang aja mata sy kering.

    apakah bpk ada kenalan yg dilasik saat sebelum menikah/ belum melahirkan dan sekarang kondisinya sudah punya anak?soalnya sy ada kenalan 2 org wanita , lasik saat gadis dan sekarang sdh ada anak… takut juga dengernya apakah ini kebetulan.

    salam
    Iska

    1. petock

      Iska Yth,
      Menurut pengalaman saya, ketakutan sebelum lasik dan selama lasik itu lumrah. Tapi percayalah kalo dokter bilang bisa dan layak ditangani itu artinya benar-benar aman.

      Untuk lasik 1 mata dulu, menurut saya sih agak repot ya.. ntar takutnya jadi doble deh.. mending sekalian aja lah.. takutnya cuman sekali toh 🙂

      Maksudnya lasik saat gadis terus kenalan anda itu skarang gimana? saya kurang jelas komentarmu. Takut sayatan lasik copot waktu proses persalinan gitu ya? wah untuk itu saya ndak tahu jawabannya. Sebaiknya tanyakan dokter mata atau dokter kandungan saja deh.. mereka ahlinya..

      OKay ya.. semoga jawabanku bermanfaat.

  15. henty

    Pak, maaf saya mau tanya.,,kan bapak operasinya sekitar juli 2008 ya..bagaimana kondisi matanya sekarang..masih tetap sempurna, minusnya nggak nambah lagi kah?apakah masih sering merah pagi atau bagaimana? apakah kalau berenang perih?tks …

    1. petock

      halo Henty,
      Sekarang minus saya rasanya nambah dikit. Tapi itu kalo mau baca tulisan kecil yg agak jauh. Tapi secara umum saya masih ndak pake kacamata. Karena untuk kerja di depan komputer, buat surat di kantor, saya ndak pake kacamata lho.. padahal khan sdh berumur (normalnya sih mata sudah ada plusnya). Hanya terganggu kalo mau baca teks TV yg agak kecil dari jauh.

    2. petock

      Henty,
      kalo berenang rasanya mah biar mata belum lasik juga akan perih kalo ndak pake kacamata renang.

      Kalo saya sih sdh wara-wiri renangnya, tapi ya itu harus pake kacamata renang.

  16. Retty

    Hai, saya menjalani lasik tg 18 Jan 2011. Awalnya kiri minus 4 dan kanan minus 6, dgn msg2 silinder 1.75. Skrg udah bisa baca n nonton TV tp mata masih kerasa kering bgt, kaya terbakar, jadi harus tetes terus2an. Terus terang sy takut kondisi ini permanen. Kdg2 saya jadi down krn rasa kering ini sangat menganggu.
    Ada saran/nasihat yg bs menghibur?

  17. yg udah tulis pengalaman terima kasih banyak buat semuanya yg udah syaring kalau boleh bagi emailnya pak or bu and biaya perkiraan setelah operasi obat tetes nya kira2 habis brp juta uach? thx

  18. FeityZeng

    Salam kenal mas Petock,

    Kebetulan aku ada jadwal lasik sama prof.ostiantoro nih jumat lusa, aku agak deg deg an dan nervous ..

    Setelah membaca blog ini agak memberikan ketenangan dan gambaran yang sangat jelas sebelum, saat dan sesudah lasik. Makasih ya udah sharing. Menurut aku ini sangat berguna sekali.

    Nanti aku akan berbagi pengalaman pasca lasik deh, melalui blog ini ya.

    Mau tanya, waktu itu pertama kali ketemu sama prof, gimana kesan pesannya ? selasa kemarin kesan ku si prof ini agak terburu buru menangani pasien, ga banyak bicara hanya seperlunya dan langsung suruh aku lasik aja. “jadi saya bisa di lasik dok?” “bisa, kornea nya masih tebel kok ..” cuman itu aja

    Kalau temen deket aku di lasik oleh dokter lain tetep di JEC Menteng, dokternya punya banyak waktu sampe ngejelasin detil A-Z soal lasik dan resikonya, do and don’t pasca lasik dst dst ..

    Tapi aku udah yakin dan pede mau lasik. toh Mas Petock dah berhasil kan ditangani si prof 🙂

    oh ya mau sharing, tes awal mata untuk kelayakan lasik yaitu :

    Basic screening wajib untuk semua pasien mata :
    1. Mengukur fokus mata
    2. Tonometri , untuk mengukur tekanan bola mata, mata seperti ditiup sama angin
    3. Mengukur ketajaman mata (disuruh baca jarak jauh seperti ngukur minus)

    Screening tahap kedua (biasanya untuk kelayakan lasik):
    4. Foto fundus , mata disinari sinar terang sekali, untuk memotret bagian dalam bola mata, nanti fotonya dikasih, seperti telor merah nya ayam dan pembuluh darahnya keliatan
    5. Pentagram, ini dia yang untuk mengukur ketebalan dan kelengkungan kornea. mata disuruh liat garis berwarna biru yang muter muter dan ga boleh kedip, terus ntar keluar hasil print kornea kita warna warni

    Tes nya cuman itu aja .. tapi menurut teman ku yang ditangani dokter lain, screening dia lebih banyak, ada yang diberi tetes mata untuk membuka pupil sehingga beberapa jam setelah nya pandangan akan tidak fokus dan ga bisa baca sms/tulisan dekat. Terus dia disuruh periksa ke dokter retina dulu. Saya bingung juga sih kenapa kok screening awal saya untuk lasik se simple ini ?

    Kalo Mas Petock masih ingat ga screening nya apa aja ?

    waduh kepanjangan ya komen nya .. maaf ya ..

  19. FeityZeng

    ralat, bukan pentagram tapi pentacam ..

    ngomong ngomong kemaren aku sudah lasik nya ..
    pengelamannya aduh bagi aku horor banget .. terutama mesin pertama .. aku sampe dimarahin profesor karena aku bilang aduh aduh .. bukannya sakit tapi entah gimana rasanya bener bener super ga nyaman, pas disedot untuk pembukaan flap mata kanan, mata kiri terus terusan berair dan ikutan pedih sampe ga kuasa melek, ya ampuuuunnn, di sana aku tegang dan jantung kaya mau loncat, sangat sangat nervous. sangat takut ga sanggup pindah ke mata kiri buat dibuka flap nya .. karena mata kanan pun nyaris ga bisa melek saking pedihnya dan banjir air mata .. apa yang laen punya pengalaman kaya aku ?

    pas di mesin kedua ya dibius lagi matanya, diobok obok ya ga kerasa tapi tetep aja geli iiiii … proses laser nya cepet hanya aku sempet kuatir ga menggoyangkan bola mata tuh bisa ga ya .. takutnya tanpa sadar mata ku melirik .. tapi untung lancar..

    sesudah selesai , mata ku langsung cekot cekot kaya mau keluar .. curiga anestesi nya keburu abis, ponstan pun ga nolong .. aku lihat 2 orang seudah aku lebih kuat, mereka kaya ga rasa apa apa .. mereka udah pulang duluan sedangkan aku masih belum bisa membuka mata saking pedih, silau dan banjir air mata , mungkin seember kali .. sampe malu saya di ruang tunggu mungkin semua pada “ngeri” liat aku. ada perasaan mual saking jijiknya mata diobok obok gitu, panas (padahal ac nya dingin) , menahan rasa sakit cekot cekot di mata dan sedihnya ga bisa buka mata karena silau dan air mata terussssss ngocor .. ya ampuuunnnn

    akhirnya saya panggil suster minta di anestesi lagi aja matanya kalo engga ganti baju pun ga bisa apalagi pulang ..

    sesudah di anestesi langsung bisa buka mata dan cekot cekot pun ilang .. pulang lah saya … tidur siang … malamnya tidak silau lagi dan udah bisa aktivitas seperti biasa hanya saya pandangan masih berkabut, dan pandangan belum tajam kaya orang normal. saya kuatir masih tersisa minus .. gimana nih ?

    ntar sore jam 5 aku kontrol lagi …

  20. adi

    salam….pak. pak saya mau tanya mengenai efek bintang yang terjadi pada saat sesudah lasik itu yang seperti apa yang bapak maksud?? saya baru menjalani operasi lasik…z lasik..kalo malam hari jika saya melihat cahaya merah pada lampu mobil jika keadaan kendaraan semakin jauh maka ada efek garis2 merah pada lampu belakang mobil semkin panjang seperti garis2 mengarah ke bawah.. termaksud warna2 hijau, biru, dan jika melihat text berwana putih di monitor sering terjadi efek bayangan….apakah bapak mengalami hal yanga sama seperti saya. terima kasih….

    1. petock

      Sdr adi, Trims buat commentnya di blogku. untuk efek bintang itu, memang adalah lumrah setelah kita menjalani lasik. lama-lama juga akan hilang. jadi bersabar ya. jangan lupa tetes matanya ya.. Efek bintang yg kamu sebutkan itu, memang itulah yang saya rasakan dulu. Tq

  21. FeityZeng

    Mas petock,

    ini sudah hari hari ke 10 sesudah lasik, pandangan saya masih buram dan melihat jauh belum jelas. rasanya masih ada minus lumayan yang tersisa. saya rasanya ga karuan, takut hal ini permanen karena tiap hari ga ada perubahan 😦

    saya senewen dan frustasi sekali , apakah mas petock dulu merasakan hal yang sama ?

    saya baru akan kontrol ke prof tgl 3 juni nanti ..

    oh ya, silau dan berbintang rasanya tidak ada, tapi mata kering tuh bener bener mengganggu, pandangan suka seperti berkabut dan pengennya kedip kedip terus.

    Rasanya saya menyesal dilasik …

    1. adi

      halo…. saya menjalani z lasik skrg da hampir 2 bulan. kalo penglihatan jauh sudah jelas….tapi yang menggangu kalo malam hari sering lihat efek bintang, setiap lihat sesuatu yang bercahaya, pasti melihat efek berpendar. cahaya menjadi berpendar. dan kalo..tulisan text berwarna putih baik di hp,monitor,atau sejenis angka2 digital yang bercahaya pasti menimbulkan efek berbayang. stress jg sic. eheheheh…tapi…ya coba bersabar dulu lah…..namanya juga mungkin masih proses penyembuhan. buat feityzheng, bersabar saya juga mengalami hal yang sama. mata masih sering lelah kalo membaca.
      buat temen2 yang punya pengalaman2 lasik di share donk, biar kita semua merasa lebih tenang, lebih yakin akan pilihan yang sudah kita pilih. salam

      1. FeityZeng

        halo mas adi,

        makasih ya udah merespon aku. iya mungkin aku harus sabar. aku bener bener berharap mataku akan membaik dan tidak menyesal dilasik. soalnya aku tanya temen temen ku hampir semua bilang langsung melihat jelas jarak jauh sejelas jelasnya sesudah lasik atau 3 hari sesusahnya. tidak ada yang berpengalaman seperti saya, itulah yang membuat saya khawatir. takut gagal lasik, padahal prosesnya bener bener bikin aku trauma.

        mas adi sekarang matanya udah perfect belum ? apakah ada minus yang masih tersisa ?

        salam

    2. mbak FeityZeng, saya juga mengalami apa yang mbak alami sekarang, saya baru saja lasik 1 minggu yang lalu, tapi mata saya masih buram, apalagi yang mata kanan jauh lebih buram di bandingkan mata kiri, saya juga ngerasa bahwa minusnya masih ada yang tersisa di mata saya….Kondisi mata Mbak FeityZeng skrg gmn? apakah masih buram.. mohon sharenya yah.. saja jg takut klo ini jadi permanen…salam

      1. Imel

        saya juga sudah z-lasik tanggal 21 januari 2013 di JEC.. hasilnya juga kanan minus 1 dan kiri 0. tapi lihatnya berbayang.
        yang saya ingin tanyakan bagaimana kondisi mata anda sekarang?
        Karena sama seperti FeityZeng, melihat berbayang membuatku menyesal dilasik…

  22. elmer

    saya lasik justru sudah 2 kali…..soalnya kemarin lasiknya tidak langsung 2 mata. kebetulan perbandingan minus mata kanan dan kiri saya jauh. kanan minus 5 silinder 2.75 kiri minus 1 slinder 1.25 mata saya ada lazy eyes…yang sebelah kanan. dan saya tidak pernah memakai kacamata. makanya di saranin coba di lasik satu mata dulu. eh ternyata ….gj nyaman banget, di suruh dokter coba bersabar sampai satu bulan…..mungkin masih dalam proses pengimbangan yang di lakukan otak.wah….sampai sempat frustasi juga…rasa pandangan mata gk nyaman banget. ternyata gk ada perubahan jg dokter saranin di lasik mata yang satu lagi, padahalkan sayang minusnya cma 1. eheheheh…pa boleh buatlah. sekarang pandangan jauh sudah jelas…hanya terganggu waktu malam hari ada efek bintang aja ama berbayang. saya juga msh dalam proses kontrol 1 tahun. ini baru jalan 2 bulan. bersabar aja….ya kita doakan mudah2an semua berjalan dengan lancar. keep spirit……semangat ya….

  23. lia

    selamat malam
    sayamau tanya…sekarang ini setelah 15 bulan dilasik apa masih terasa efek2 seperti mata kering, tidak boleh dikucek,dan efek2 yang lain?
    sampai kapan tetes mata itu digunakan
    terima kasih

    >> Tetes mata sebaiknya dikurangi perlahan-lahan sampai akhirnya tidak digunakan lagi, kecuali terpaksa (spt, gatal yg tak tertahankan)

  24. robin

    salam.mas petocks. klo boleh tau efek bintang yang bapak rasakan terjadi di ke 2 mata atau satu mata saja??…apakah sulit menyetir kalo keadaan malam hari?? dan efek bintangnya ringan sedang atau berat?? seberapa besar pancaran efek bintangnya??

  25. Retty

    Saya lasik 5 bulan lalu dan sampai skrg mata masih terasa kering. Kadang membuat putus asa n menyesal dilasik. Stlh bbrp kali kontrol ke dr ternyata ketauan kuantitas dan kualitas air mata saya kurang sekali.
    Saat ini saya pakai eye gel krn obat tetes mata yg cair gak nolong.
    Apa ada yg pernah mengalami seperti saya?

    Retty

    1. FeityZeng

      Halo Retty,

      Saya belum 1 bulan lasik tapi mata masih terasa kering sampai penglihatan masih blur dan belum jelas jarak jauh. Saya tiap hari tetes mata pake GenTeal, ga gitu nolong banyak. Terakhir kontrol 2 minggu lalu dokter hanya bilang kornea saya masih kering sekali dan lengkungnya belum sempurna. Perbesaran kornea yang saya lihat di layar monitor pun menunjukkan kornea saya yang masih sangat keruh butek. Saya hanya berharap ini bukan sesuatu yang permanen, karena saya pun seperti anda kadang ada penyesalan dilasik 😦

      Ada dokter menyarankan minum minyak ikan, karena bisa meningkatkan kualitas air mata. Boleh dicoba mungkin ..

      1. FeityZeng

        retty,

        sekarang sudah 2 bulan paska lasik. mata masih kering banget dan mengganggu terutama pas saat tidur aduh rasanya mata nempel ga bisa buka, tidur terganggu tengah malam bisa bangun beberapa kali demi meneteskan eye drop. 😦
        feeling saya engga ada perkembangan soal mata kering dan pandangan jarak jauh masih blur. saya sedih sekali ..

      2. Hallo FeityZeng

        Saya baru 10 hari lasik, saya juga mengalami apa yang di alami mbak FeityZeng… Mata masih Buram, apalagi Mata Kanan lebih buram di bandingkan sebelah kiri… klo boleh tau sewaktu mbak FeityZeng kontrol ke dr. Apa tanggapan dari Beliau mengenai masalah ini, karna saya sendiri baru akan konntrol 1 minggu lagi?

  26. robin

    mohon share pengalamnya donk…ada yang pernah mengalami ghosting? berbayang terutama ketika melihat text berwarna putih dengan latar belakang hitam, misalnya melihat komputer, menonton tv, atau melihat papan2 reklame di jaln yang mengandung unsur cahaya putih pada malam hari??…. saya mengalami hal seperti itu say bru lasik sekitar 2 bulan. adakah yang punya pengalamn seperti saya?? terima kasih.

  27. Uchie

    salam kenal smuana, saya mo berbagi pengalaman lasik nich,
    saya lasik tanggal 22 juni kemren di jec menteng, ternyata pengalaman saya lasik tidak seseram yang saya banyangkan sebelumnya, malahan saya bisa bercanda di ruang operasi dengan dokterna, kami ngobrol seperti sedang konsultasi biasa, pengalaman saya sich saat operasi maupun sudah operasi tidak sakit cuma emank waktu di sedot seperti ditekan2 keras tapi tidak sesakit yng dibayangkan mungkin krena dokter bisa membuat saya tenang dan suasana ruang operasi menjadi mencair sehingga antara dokter perawat maupun saya bisa bercanda2, setelah seminggu lebih sekarang mata saya sudah cukup jelas untuk membaca jarak jauh, cuma untuk melihat lampu malam hari sama seperti Om Petock msh ada efek berbintang, sekarang saya merasa sangat bersykur sudah bebas dari kaca mata.
    thx

    1. iin

      uchie, mohon info nama dokter yg menangani anda & brp biayanya saat uchie diilasik tgl 22 juni tsb ? Krn sy jg berminat banget. thx

      1. Uchie

        Dokter saya dr.Hadisudjono praktek di JEC Menteng hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Untuk biaya operasi saja 20jt blm trmasuk obat dan pemeriksaan awal klo di total +/- 22jt an. Semoga info saya dapat membantu.
        tnx

    2. robin

      uchie bagaimana dengan efek bintang kamu?? apakah kamu jika melihat lampu led bercahaya pada kondisi gelap seperti lampu led tv, ac, dll yang bersifat bercahaya ada berpendar seperti kembang api gitu?? istilahnya starbrust …efek bintang yang kamu rasakan bagaimana?? apakah size pupil mata kamu emg gede dari normal??

      1. Uchie

        efek bintang yang saya alami hanya pada saat melihat lampu kendaraan bermotor dan lampu jalan pada malam hari saja tapi untuk melihat lampu led tv dan ac tidak ada masalah biasa2 saja. klo mengenai size pupil saya gede, saya rasa nggak juga masih normal2 aza.
        thx

  28. red

    brapa minus maksimal yang bisa dilasik?
    minus saya 14, apakah bisa dilasik dan kembali normal
    saya sudah memakai kacamata sejak 1 sd
    mohon jawabanya ..terimakasih

    1. petock

      Waduh, kalo minus maksimalnya aku ndak tahu ya, soalnya aku bukan dokter 😦
      Sebaiknya kamu periksakan mata kamu dulu, nanti mereka akan memberitahukan bahwa bisa atau tidak dilasik.
      Trims ya

    2. Imel

      saya dulu lasik -11 silinder setengah. katanya itu sudah antara bisa dilasik atau tidak. sebaiknya nda usah dilasik kalau masih nyaman dengan kacamata. karena egeknya juga tidak mengenakkan

  29. salam kenal pak Petock

    Pak, saya baru lasik 1 minggu yang lalu, yg saya rasakan mata saya sekarang masih buram, terus mata kanan lebih buram di bandingkan mata kiri , saya ngerasa minus saya masih tersisa, apakah bapak dulu mengalami seperti saya? lalu berapa lama bisa sembuh total?? keluhan yang lain sama seperti teman2 yang lain, yaitu mata kering, trus baca jarak dekat masih buram… mohon infonya bagi teman2 yang lain yang mengalami hal yang sama…

    1. petock

      Mas Windu, Salam kenal.
      HArap sabar ya mas, rasanya semua yang mas sebutkan itu juga pernah saya rasakan. masih dalam proses penyembuhan. Matanya jangan terlalu dipaksakan untuk liat atau baca. Santai dikitlah. Ntar bisa baca kembali dan liat yang indah2 kembali kok 🙂
      Trims sudah mengunjungi blog saya.

      1. FeityZeng

        Halo ms windu,

        menurut tanggapan dr pas kontrol katanya kornea nya kering sekali .. sehingga masih perlu terus ditetes eye drop. saya ga tanya apa ini permanen apa bukan. tapi waktu saya tanya sama presentator di JEC yang suka cuap cuap memberi penyuluhan tentang mata , dia bilang penyembuhan total memang butuh waktu, bervariasi antara setiap orang, bisa 3 bulan 6 bulan bahkan sampai setahun ..
        sampai sekarang saya tetap tergantung tetes mata. mata sangat kering serasa nempel pas saat tidur .. kalo kena matahari silau dan tambah burem, kena AC atau angin semilir juga begitu …..

      2. Mbak FeityZeng

        Makasih ya mbak untuk infonya.. sepertinya harus bersabar agar kembali normal. saya juga hampir mengalami kasus yang sama dengan mbak.. jika ada perkembangan mohon di share ya mbak.. agar bisa berbagi pengalaman..

        salam

    2. jangan ketakutan bro, hehe. butuh waktu buat bisa melihat jelas. coba latih mata anda pakai vision therapy, kacamata yang berupa plastik berlubang2 kecil itu. kacamata itu melatih mata buat fokus melalui lubang kecil. ga usah dipaksakan, santai saja. coba surfing di google/ di kaskus.us, banyak yg jual kacamata itu, murah cuma 30 rb an

  30. retty

    Hai FeityZeng,
    apakah mata anda masih kering?
    Saya dilasik tg 18 Jan lalu dan sampe skrg mata sy masih kering.
    Dalam 6 bulan ini sy udah 10 kali ke 4 dr mata yg berbeda (krn sy sering putus asa dgn hasil lasik dan butuh opini dari dr yg berbeda).
    Kalo liat tulisan di TV ada bayangan, jadi oleh dr ke4 yg saya kunjungi (dr Tjahyono Gondhowiardjo) saya disuruh pake kacamata. Sedih sih, krn ternyata saya masih ada silinder 1.5 dam 1.75. Padahal dr yg melasik saya menjanjikan minus n silinder saya bisa hilang.
    Lalu untuk mata kering, saya pakai obat tetes mata Systane dan Olucotect (gel). Sebelum tidur saya pake Tetramycin untuk menambah lemak air mata.
    Lalu saya juga minum suplemen Biotears.
    Repot sekali deh, tp saya berusaha untuk tidak menyesal dilasik.
    Bgmn pengalaman Feity dgn mata keringnya?

    1. Hai Retty

      Saya baca post comment anda, saya jg mengalami mata kering.. klo boleh tau Minus dan Silinder mbak retty brp? seharusnya setelah lasik kan bisa normal. klo masih ada keluhan kenapa tdk tanya langsung ke Rumha Sakit yang melakukan lasiky??

      1. retty

        Hai Windu..salam kenal.
        Sebelum lasik saya minus 4.5 dan 6.5. Silinder 1.5 dan 1.75.
        3 minggu setelah lasik saya blg ke dr yg melasik bahwa saya kalo baca tulisan ada bayangan, tp dr tersebut blg sabar ajaa….ntar juga 1 sampe 2 bulan bayangan itu akan hilang. Dia blg itu karena pembesaran pupil. Tp setelah 6 bulan bayangan itu masih ada, jadi kepaksa saya pake kacamata lagi. Gak tau kenapa kok silindernya masih besar, pdhl janjinya bisa hilang.
        Trus dr itu blg mata kering akan sembuh dalam waktu 1 bulan, tp ternyata sampai 6 bulan pun masih kering.
        Saya udah males ke dr mata yg melasik saya krn dia cuma janji2 doang, dan kayanya dia itu meremehkan ketidaknyamanan yg saya alami. Jadi sy cari dr mata lain yg lebih mengerti dan mau mendengarkan keluhan saya.
        Bbrp temen saya yg dilasik hanya mengalami mata kering seminggu, bahkan ada yg cuma 3 hari.
        Ya memang efek samping tiap org beda2 ya. Saya sangat berharap ini tdk permanen

    2. FeityZeng

      Halo retty,

      hari ini sudah 2 bulan 11 hari pasca lasik ..
      tidak ada perubahan yang berarti, mata tetap buram dan selalu kering terutama malam hari, sampai saya harus terbangun beberapa kali untuk meneteskan eyedrop karena sepet banget seperti nempel 😦
      saya tetap menggunakan tetes mata GenTeal, lucunya pas saat ditetes eyedrop tanpa kedip sama sekali, mata langsung jadi terang benderang dan sangat jelas, tetapi sekali kedip ya balik lagi deh pandangan burem 😦 menurut dr mata laen yang saya kunjungi (bukan yang melasik ya), kornea mata saya banyak dry spots yang menyebabkan pandangan buram. Dr tersebut bilang kalau efek lasik emang bisa seperti ini pada sebagian orang .. Pada saat ditetesi eyedrop maka cairan melapisi dry spots tersebut makanya pandangan jadi sempurna. Tapi mau sampai kapan begini terus ? sungguh ini sangat mengganggu kehidupan saya sehari hari. Alangkah lebih baiknnya pada masa saya masih pakai softlenses. Saya dikasih tetes mata seperti air susu keruhnya dari merek Allergan yaitu Endura dan Refresh liquigel (jel) akan tetapi percuma saja menurut feeling saya. Pakai jel itu juga engga nyaman, ga lembap , malah GenTeal lebih enak ke mata. Saya juga disuruh minum suplemen Thera Tears isinya Omega-3, to support eye comfort & healthy tears. Entahlah akankah mata saya membaik dan jadi sempurna seperti orang orang lain yang sudah lasik claim nya seperti membeli sepasang mata baru ..
      Saya senasib banget sama retty dan saya merasakan gimana rasanya putus asa, penyesalan, frustasi dan lain lain. Tapi lasik sudah kita jalani, tidak bisa dimundur lagi. Mari kita tunggu sampai 1 tahun , kalau masih begini berarti “kerusakan” mata kita permanen dan saya pun tidak tahu siapa yang harus bertanggung jawab akan perubahan hidup kita ini ? 😦

      Soal eyedrop saya mau bertanya, apakah Systane dan Olucotect nyaman dipakai ? Tetramycin bukankah antibiotik ? bagaimana setelah menggunakan obat2 tetes tersebut dan minum BioTears apakah ada kemajuan ?

      1. FeityZeng

        Kutipan dari retty :

        “Saya udah males ke dr mata yg melasik saya krn dia cuma janji2 doang, dan kayanya dia itu meremehkan ketidaknyamanan yg saya alami. Jadi sy cari dr mata lain yg lebih mengerti dan mau mendengarkan keluhan saya.”

        Saya sangat setuju sekali dan merasakan hal yang sama …. apalagi dr yang melasik saya tidak ramah, tergesa gesa dan selalu menggampangkan segala sesuatunya ….

      2. rain

        halo feity zeng.

        bagaimana dengan hasil lasik kamu?? apakah ada mengalami kemajuan. apakah kamu hanya mengalami dry eyes? apakah ada resep yg tersisa? penglihatan di malam hari bagaimana?? saya lasik sudah berjalan 4bulan. masalah dry eyes hampir hilang. tapi masalah berbayang dan efek starbrust tidak berubah sedikitpun.dan saya ada sisa resep silinder dan itu muncul ketika tepat 1 bulan. dan saya memiliki perangkat tambahan kacamata silinder ,tapi itu tidak sepenuhnya menghilangkan efek starbrust dan ghosting (berbayang ), dan sebelumnya mata saya tidak pernah ada ghost (berbayang ) dan efek bintang. saya jadi bingung sepertinya semuanya menjadi keliru tidak persis seperti janji dokter sebelumnya. semua yg terjadi di jelaskan kepada saya karena saya memiliki size pupil yg besar. tetapi kenapa tidak di katakan sebelum awal dari pemeriksaan?? dan setelah semua terjadi baru di katakan? dari awal hanya di katakan saya adalah calon kandidat lasik yg sangat baik dan bla bla bla.jika saya mengetahui efek yg terjadi pasti saya tidak akan mau di LASIK. saya merasa di rugikan jika ini bersifat permanen. dan saya mulai berpikir siapa yg harus bertanggung jawab?? ini adalah masalah serius bagi kelangsungan hidup. saya bahkan cenderung menghidarkan tempat yg redup cahaya,dan menyetir di malam hari sangat sulit dan berbahaya. sering migran dan sakit kepala. berhati2 dengan size pupil yg besar jika ingin di lasik. size pupil mata normal adalah 6mm. jika anda memiliki size pupil lebih dari 7mm pastikan bicarakan dengan dokter anda efek dan akibatnya .

  31. rain

    halo, rety salam kenal. saya juga mengalami hal yg sama dengan kamu saya mengalami pandangan berbayang atau istilahnya dobel vision tapi hanya terjadi ketika saya melihat tulisan text putih dengan latar belakang hitam, dan semua text yg mengandung unsur cahaya, dan ketika melihat lampu led pun pecah seperti kembang api dalam keadaan gelap istilahnya starbrust, apakah kamu ada mengalami starbrust?? dan dokter saya juga hanya menyuruh bersabar akan hilang sendirinya. tapi sampai sekarang tidak mengalami perubahan sedikitpun. saya ada baca beberapa blog tentang lasik di luar negri, jika pupil mata seseorang besar kira2 klo gk salah diatas 7mm atau 8mm pasti akan mengalami gangguan penglihatan di malam hari. seharusnya jika pupil seseorang besar dokter seharusnya jgn menyarankan buat lasik,atau setidaknya memberitahukan dampak2 yg terjadi setelah lasik. tapi kita gk tau inilah namanya indonesia semuanya serba bisa tanpa memikirkan dampak yg terjadi bagi pasiennya, kita yg mengalami komplikasi lasik baik starbrust,ghosting,halos,dry eyes,dll. jika itu permanen apakah para dokter mau bertanggung jawab? dan hidup dengan itu sangat menyulitkan,dan menderita, mengalami penurunan kualitas hidup, bahkan pekerjaan kita menjadi taruhannya. bagi2 teman yg punya pengalaman lasik mohon untuk berbagi pengalamannya. thx.

    1. FeityZeng

      Halo Rain,

      saya merasa mata saya tidak mengalami kemajuan. dry eyes sangat mengganggu terutama di mobil karena silau dan AC dan pada saat malam hari tidur mata bener bener nempel kalau buka sakit dan beberapa kali harus bangun untuk sekedar meneteskan eye drop.

      sepertinya tidak ada ukuran mata tersisa. apabila saya meneteskan eye drop tanpa kedip pandangan perfect.

      hal yang sangat mengganggu yaitu ghosting (berbayang) jika melihat jarak jauh 😦

      ya saya sangat sedih sekali dan bener bener menyesal telah melakukan LASIK.

  32. retty

    Hai Feity dan Rain,

    trima kasih atas sharing pengalamannya.
    Untuk pandangan yg berbayang, apakah sudah dicoba dgn kacamata silinder?
    Saya jg mengalami hal yg sama sejak lasik 7 bulan lalu, dan bulan lalu dr mata saya menyarankan saya pake kcmt silinder.
    Saya kecewa jg sih krn hrs pake kcmt lagi. Tp skrg ini dgn pake kacamata pandangan jd tajam dan udah bisa nyupir malam lagi.

    Hal yg sangat mengganggu sy saat ini adalah kalo sy masuk ruangan berAC (mall, RS, hotel, dll) mata sy langsung merah dan pedih, jd saya sangat mengurangi pergi mana2. Sediih deh..
    Utk Feity, mata sy juga seperti kamu, kalo ditetesin akan perfect sebentar trus burem lagi.
    Repot sekali yaa…

    1. FeityZeng

      hai retty,

      tidak sangka ya kamu udah 7 bulan lasik masih tetep seperti ini kondisinya .. apakah dr mata bilang akan permanen ?

      saya dulunya hanya minus saja, tidak ada silinder .. apakah habis lasik jadi ada silinder ? saya takut periksa ke optik takut kecewa dan sedih 😦

      menuju 3 bulan nih .. apa saya harus sabar dulu ??

      ogah kalo pake kacamata lagi 😦 repot apalagi kalau olahraga

      iya bener kalo pergi2 seperti silau di mobil, ac atau angin semilir, mata jadi tambah burem 😦

      1. Susan

        Hi Feity.. pa kbr matanya skrg?
        Apa bs sy tau keadaan matanya setelsh sekian lama di lasik?
        Sy sdh bertahun2 rencana lasik td menunggu kbr dr mata anda dan mbak @retty
        Makasi ya sblmnya

    2. rain

      hai..retty apakah sisa silinder kamu tidak memungkinkan untuk di lakukan perangkat tambahan. bukankah ada jaminan klo undercorrection maka akan di lakukan lasik ulang tanpa di kenakan biaya jika persyaratan mata memungkinkan?? brapa sisa ketebalan kornea kamu sesudah lasik???

      1. retty

        Hai Rain..
        tks responsnya.
        Mata saya udah tdk ada ukuran minusnya (awalnya minus 4 dan minus 6), tp skrg msh ada silinder 1.75. Sbtlnya bisa dilasik lagi (gratis) utk koreksi, tp saya gak mau krn mata saya kering.
        Sehari2 saya gak pake kcm,t tp utk aktivitas malam hari terutama nyupir malam harus pake kcmt.
        Dr bilang ada pandangan berbayang ini bisa krn silinder tp bisa juga krn mata kering.
        Jd saya masih wajib pake tetes mata nih.

  33. intan amelia

    Mas, saya sudah lasik 1,5 bulan yang lalu. yang saya rasakan sekarang mata kanan sudah bagus dan jelas. tapi mata kiri tidak sejelas mata kanan. mata kiri melihat teks di tv masih ada bayangan sinar putih dibawah tulisannya. sedangkan mata kanan bersih banget. kalo baru bangun pagi rasanya mata kiri dan kanan sama terangnya, tapi setelah 1-2 jam kemudian kembali berbeda, mata kiri agak kabur. Apakah ini berarti masih ada sisa minus? sampai berapa bulan baru kita bisa pastikan ada sisa minus apa ngganya? dan kalo di JEC sampai berapa lama mereka masih bertanggung jawab atas hasil operasi (misalnya untuk lasik ulang?) trims banget atas infonya..

    1. petock

      Mbak, salam kenal.
      Pengalaman saya, kalo baru 1.5 bulan di lasik, memang seperti itu. Mata kiri kabur, itu mungkin sengaja dibuat gitu (disisakan minusnya) supaya tidak usah pake kaca mata plus kalo membaca.
      Trus, kalo lamanya garansi operasi itu, saya ndak tahu. tapi waktu saya itu, kita boleh ke dr matanya beberapa kali ndak bayar. sptnya saya pernah sampai lebih 1 tahun kontrol lagi, ndak byr. ndak tahu kalo sekarang masih gitu ato tidak.
      Semoga cepat sembuh ya.. saran saya: bersabarlah..

  34. intan amelia

    Trims Mas, atas jawabannya. kemarin itu saya presby lasik (krn sdh umur 38) dan ada plus 1 yg tidak disadari, jadi sekalian lasik min-plus-selinder. Mas, sekalian mau tanya, apakah mata dominan itu penglihatannya lebih cerah dibanding dengan yang bukan dominan (sebelahnya)? mata Mas setelah lasik ada sisa minus ga? memangnya ada yg sengaja di sisain minusnya? trims kbl atas tanggapannya Mas.

  35. retty

    Kiki….(maaf Kiki ini mas atau mbak?),
    saya udah hampir setahun yg lalu dilasik. Keluhan yg msh terasa sampai skrg adalah mata kering, terutama di dlm ruangan AC. Dan ternyata cuaca juga sangat berpengaruh. Musim hujan ini mata sy terasa lebih enak krn udara lembab. Kmrn saya seminggu di Bali juga tdk perlu tetes mata krn mata terasa lembab. Tp waktu saya di Amerika bulan Juli kmrn, sy harus tetes mata sering2 krn udara sangat kering.

    Skrg ini saya pakai tetes mata Systane dan eyegel Oculotect. Kalo masuk ruangan AC (RS, mall, bank dll) mata sering merah dan saya harus pakai obat tetes mata yg mengandung steroid. Tp penggunaan steroid ini gak blh sering2 krn kalo dipake berkepanjangan bisa nyebabkan glaukoma.

    Begitu pengalaman saya. Semoga bermanfaat.
    Bgmn pengalaman yg lain?

  36. icha

    permisi mas petock, saya icha berumur 14 tahun..
    saya pakai kacamata sejak kelas 3 sd, rencana saya mau operasi lasik.. apa bisa?
    makasih..

    Jawab:
    Trims Icha atas emailnya.
    Kalau melihat umurmu, sebaiknya jangan dulu dilasik. Alasannya adalah karena bentuk kornea matamu masih dalam tahap perkembangan sehingga masih akan berubah bentuknya. Biasanya untuk lasik sebaiknya umur sudah lebih dari 18 tahun (Umur pastinya sebaiknya tanya ke dokter) karena bentuk kornea secara teoritis sudah tidak banyak berubah.

    OK? trims ya..

  37. jona

    mbak rety dan feity bagi2 fb atau emailnya donk? saya jadi berpikir buat lasik nih…ngeri juga atas coment2 kalian berdua…kebayang kengerian sampe ke ubun ubun…semoga kalian cepat dimudahkan dalam ujian dari Tuhan ini ya mbak 🙂

  38. kiki

    akhirnya sy brani lasik jg tgl 17 jan kmrn d klinik mata I care d daerah slipi. saya mw brbagi pengalaman:

    umur sy 25thn, -3.5 ma -3.75, saya pke zlasik krn metode lasik trbaru krn dr yg sy tau lbh cpt penyembuhannya dan minim efek samping. oprasi cpt bgt cm 15 menitan abis oprasi sy bs liat jam di dinding dan bs baca tulisan2 d poster meski msh brkabut.

    bbrp menit stlh oprasi anestesi brangsur2 hilang itu rasanya nyiksa bgt perih kyk kelilipan sabun dan air mata ngalir trus, krn oprasi mlm jd lgs sy bw tidur. alhamdulillah bgn tidur pas subuh lgs bs lihat jelas g brkabut lg sy bs liat ujung kaki dan brg2 d kamar dg jelas spt pakai kacamata. krn baca2 pengalaman teman2 dsni yg g bs bc dekat pasca lasik sy sdh siap utk mengalami itu tpi trnyata pas sy buka hpe, baca koran dll sy bs baca lgs shari stlh lasik. ntn tv pun tdk masalah, g ada double vision klo liat tulisan hitam dgn background putih. kontrol sehari dan sminggu pasca lasik minus sy dnyatakan abis ^_^

    seminggu pasca lasik mata trasa kering dan kdg gatal tpi klo sdh dtetesin seger lg. slth 2 minggu dan skrg msk sbulan mata kering makin brkurang.

    keluhan yg sdkt menggangu klo nyetir d malam hri, lampu2 kendaraan trlihat lbh besar2 n sdkt silau istilahny klo g salah starbrust tpi gpp msh bs nyetir kok ^^ dan kata dokter sy lama2 akan hilang (amiiinn)

    overall saya puas dgn oprasi lasik saya Alhamdulillahh bs bebas dr kacamata, kdg sy suka lupa bgn tidur msh suka raba2 kacamata ^_^

    1. Agustin

      Kiki: i care di daerah mana ya? Soalnya saya tinggal d luar jakarta. Range harga nya sekitar brp? Bisa kirimin email ga biar bisa share. Soalnya saya pengen lasik tp baca pengalaman yg d atas jd mengurungkan niat lg. tapi udah ga tahan pake kacamata.

      1. kiki, saya juga berencana ingin lasik di icare slipi. saat lasik, kiki ditangani oleh dokter siapa? untuk bahan pertimbangan saya juga nantinya ^^ bagaimana keadaan saat ini (kurleb 5 bulan) pasca lasik? apakah mata masih berbayang dan kering? Apakah pelayanan di icare sangat memuaskan (dokter &perawatnya ramah dsb?) terimakasih kiki 🙂

  39. rain

    saya menjalani lasik sudah setahun tetapi meninggalkan masalah yang mungkin tidak bisa di obati, dan ini benar2 menganggu kestabilan hidup saya. bulan pertama setelah operasi lasik saya telah mengalami berbagai masalah dan saya merasa ada kebohongan yang di lakukan dokter bedah saya untuk melindungi dirinya. pertama saya mengalami efek berbayang ketika melihat text putih dengan latar hitam atau pancaran sinar putih yang keluar dari text , saya melihat titik cahaya seperti percikan kembang api baik itu lampu led, semua perangkat elektronik yang memiliki lampi led. saya melihat berbayang setiap benda ketika pada cahaya redup. dan semua yang terjadi pada saya, telah saya coba mencari jawaban dari sumber permasalahan ini. pada awal saya mennyampaikan keluhan saya dokter saya hanya mengatakan semuanya akan baik dalam berjalannya waktu pada awal2 bulan pertama. saya berusaha untuk percaya dan yakin mudah-mudahan permasalahan ini akan hilang dengan berjalannya waktu seperti apa yang dr.x ini sebutkan. tetapi ternyata sepertinya tidak menunjukan perubahan, setelah saya memeriksa dengan dokter spesialis lasik dari r.sakit yang berbeda dan saya juga berusaha mengumpulkan informasi2 dari dunia maya, saya menyadari faktor permasalahan yang saya alami adalah ukuran pupil. saya mempunyai ukuran pupil mata yang lumayan besar. dan banyak ahli lasik di dunia ini percaya bahwa zona ablasi lasik harus sama besar dengan ukuran size pupil kita dalam cahaya redup. dan saya adalah salah satu korban atas keremehan dokter x dengan ukuran pupil. saya di beri solusi dengan melakukan lasik ulang tetapi tidak ada jaminan. jadi posisi saya sekarang sangatlah sulit jika saya melakukannya lagi mungkin saya akan mendapatkan masalah baru, jika saya tidak melakukanya saya harus hidup berdampingan dengan visi saya yang buruk ini. so buat anda yang ingin melakukan lasik berpikir panjanglah mungkin kacamata dan softlens masih lebih baik buat anda.

    1. Saya sebelum membaca tulisan Retty, FeityZeng dan Saudara Rain sudah bertekad bulan utk lasik karena sdh tebal sekali kacamata saya. sdh gak nyaman apalagi di lihat banyak orang pas meeting atau acara apapun. sekrang kok jadi ragu lagi. ikut sedih dengan kejadian yang yang menimpa Retty, FeityZeng, dan rain. sebenernnya itu bisa di antisipasi di Pra Lasik kenapa bisa di loloskan? terkesan khan jadi kejam sekali dokter yang meloloskan pasien yang bukan kandidat lasik. cara kasarnya demi mendapatnya uang banyak dari pasien.

      1. petock

        Mengenai RS saya tidak bisa memberikan rekomendasi, sebaiknya pertimbangan utamanya adalah keahlian dokter yg mengoperasi kita ya..

        Terus pemeriksaan awal pralasik juga sangat penting. kalo mata kita tidak memungkinkan untuk lasik, seharusnya mereka jujur memberitahukan, dan jangan memaksakan lasik kalau hasilnya akan tidak memuaskan.

    2. ana

      Rain, sy sdh baca semua komen anda dari thn2 lalu..
      Kalo bole sy tau dimana lasiknya?
      Di dokter sapa?
      Bs imel ke sy ya.
      Krn sy renc mo milih dokter di JEC utk lasik. Makasi atas jwbannya

  40. bramuditya

    Sore semuanya, saya bram 23thn, mau minta pendapat, saya berencana melakukan operasi lasik mata kiri -0.25 cyl 1,25 mata kanan -0,50 cyl 1,50, apakah dg ukuran sgtu semua min dan silinder bs hilang? Saya berencana lasik d jec dgn dr iwan, minta rekomendasi ttg dr yg bagus d jec, terima kasih

  41. kiki

    @agustin ,,, biaya lasik icare bisa liat dsini http://icarelasik.co.id/klinik-kami/daftar-biaya-tindakan-lasik sy jg dr luar jkt klo mau share bs email sy ke rirha_ky@yahoo.com

    @hilda ,,, skrg krg lbh 6 bln pasca lasik, yg msh kerasa efek glare/starbrust klo liat lampu kendaraan dmlm hri. keluhan yg lain spt mata kering alhamdulillah udh ga da udh g pke tetes mata lg. utk efek glareny sy msh bs nyetir sih d mlm hri meski lampu kndaraan tlihat lbh besar n pecah, smoga aja bs cpt ilang. sy oprasi sama dr bambang, dokterny ramah, pas oprasi sy tegang abis tpi beliau bs ngajak ngobrol jd agak lbh santai.

    buat yg mau lasik emang perlu bgt cari tau soal plus minusnya lasik. efek2 samping yg bakal muncul. nanya soal besarny pupil jg penting. jd bs pikir matang2 bwt lasik ato gak. dr review yg sy cari slama ini efek sampng yg plg sering adl mata kering, starbrust/glare, double vision. smpet maju mundur bwt lasik tpi keinginan sy bwt lasik mang besar bgt apalagi org2 yg prnh lasik yg sy kenal hasilny oke2 aja. stlh baca2 info soal z lasik yg katany metode lasik trbaru dgn hasil lbh akurat n meminimalisir efek samping itu akhirnya saya nekat juga meski hrga lbh mahal dr lasik standar tpi demi mata cari yg trbaik. pokokny klo pupil sy besar diatas normal sy g mau lasik, untungny hasil test pupil sy diameter normal. trus pasca lasik jg sy patuhin aturan2 dr dokter n rajin minum vitamin mata biar masa recovery lbh optimal. kembali lg ke teman2 yg mau lasik cari info selgkp2nya mulai dr efek samping, metode, doktr n t4 lasik, klo udh mantab tinggal berdoa yg byk biar dberi klancaran n hasil yg memuaskan.

    @rain,,, klo blh tau lasik nya dmn dan pke metode lasik apa ya?

    1. rain

      metode yg terbaru Z LASIK, tetapi saya sekarang harus kembali memakai kacamata, bahkan kacamata sekarang kurang membantu khususnya pada saat malam hari, atau pada pencahayaan redup. sya melihat starbrust dan ghosting. pada siang hari dan pagi hari saya tidak mengalami masalah. hanya sedikit menggangu kualitas hidup saya dan pekerjaan saya.

  42. Dear All, saya ingin bertanya mengenai perbedaan ilasik dan zlasik, menurut info yg saya dapatkan: ilasik untuk mengkoreksi minus dan silinder, sedangkan untuk zlasik, mengkoreksi minus, plus dan silinder. Mnrt Dokter yg menggunakan ilasik, mata plus sebenarnya karena manusia semakin berumur, maka lensa semaakin tidak fleksibel, jadi menurut beliau, untuk penyembuhaan mata plus, belum ada yaang bersertifikasi.
    Umur saya 40 thn, jadi sudah timbul mata plus. Mohon informasinya… tks

    1. Effendy

      Selamat malam untuk pembaca semua

      Saya mau share pengalaman saya setelah lasik nih……
      mata saya yang kanan -4 dan kiri – 5.25 dua2nya selindris 1.25 dan karena usia saya 46 thn maka mata saya juga +1.75 kiri dan kanan. ( lengkap sudah penderitaan ku …..)

      -Tanggal 1 Agustus 2012 saya menjalankan lasik di Sriwijaya eye center palembang. Operasi berjalan selama 20 menit dan berjalan dengan baik .Operasi dilakukan pukul 15.30 wib Selama proses lasik , tidak ada rasa sakit sedikitpun dan saya bawak relax aja .
      .
      – Setelah lasik saya tidak langsung dapat melihat dengan jelas tapi sudah jauh lebih baik ( minusnya menjadi kira kira minus 2) saya disuruh baring lagi kurang lebih 1 jam dan setelah itu diperbolehkan pulang dan yang nyetir istri.

      – Sampai di rumah kira2 jam 17.00 (dan masih sempat makan pempek hehehehe) . mata saya sampai sejauh ini nyaman2 aja

      – Pukul 18.00 pengaruh obat anestesi di mata mulai hilang , mata sangat peka thdp sinar dan mata saya terasa ada yang ganjel sehingga terus mengeluarkan airmata . Oh ya…mata kiri saya agak bengkak karna waktu pasang alat penahan mata , nekenya agak kenceng tapi gak apa2 sih ) Saya sempet tidur sebentar .

      – Mata saya tidak bisa membuka dan bila dipaksa buka ia akan menutup secara alami. sampai saat ini mata sedikit sakit tapi saya minum obat dari dokter ( untuk menghilangkan rasa sakit ) dalam waktu tidak lama rasa sakit itu hilang.)

      – Jam 21.00 mata saya sudah cukup nyaman dan bisa nonton tv walau saya harus pake kaca mata hitam . Mata kanan saya sudah dapat melihat dengan normal dan kiri masih agak kabur dikit ( mungkin minus 1 lah )

      – Besok nya tgl 02.08.2012 saya cek ke dokter dan katanya mata saya bagus dan dokter bilang untuk cek lagi tgl 09.08.2012. Saat ini mata kiri saya sudah mulai membaik lagi dan saya sudah dapat melihat jarak jauh dengan cukup baik.

      – hari ini tgl 06.08.2012 say cek mata ke optik dan hasil nya …..minus saya sdh Nol tapi selindrisnya yang kri 0.75 dan kanan 0.25 serta plus nya menjadi 1.25

      – Saya harus menunggu lagi sampai mata stabil . mudah2an semua normal . kArena suami temen saya minus 9 dan 11 setelah 6 bulan lasik matanya menjadi Nol semua.

      Catatan u/ pembaca
      1. Rasa tegang waktu lasik akan berpengaruh terhadap mata ( rasa perih setelah lasik ). Semakin tegang semakin perih setelahnya .
      2. Kelenturan kornea yang kiri dan kanan bisa berbeda beda sehingga kadang2 recovery mata juga butuh waktu yang berbeda beda u/ masing2 mata
      3.Setelah pengaruh anestesinya hilang MAKA JANGAN TAKUT KALO MATA GAK SANGGUP MELEK , ITU HAL YANG BIASA KARNA SETELAH ITU MATA AKAN NORMAL.
      4.Reaksi mata berbeda beda setelah lasik . Ada yang perih ada yang gak perih , Ada yang bisa normal dalam itungan hari dan ada yg dalam itungan bulan.Ada yang ketergantungan thdp tetes mata sampai 6 bulan tp jg ada yg tidak.
      5.Secara medis tidak ada resiko gagal lasik yang menyebabkan buta . Gagal dalam lasik artinya :; Hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan ( mis: minus msh ada sedikit )

      Nah demikian pengalaman saya ….nanti kalo ada perkembangnan lagi saya cerita disini lagi yah…….selamat mencoba bagi yang mau lasik. Gak usah takut , lasik adalah hal yang biasa sekarang bahkan di India lasik dilakkan di mall

      1. Effendy

        lasiknya 14juta pra lasik 500ribu dan setelah itu harus control. total +/- 16 juta an. sekarang mata say sudah normal.

      2. Ameliah

        Pak, operasi nya di RS. Ini dgn dokter siapa?
        Rencana mau operasi lasik jg disini. Dlu pernah tanya2 sama teman yg udh operasi lasik disini. Dan operasinya lancar. Bahkan setelah operasi dia udh bisa melihat dgn jelas.
        Mksh pak

  43. marliana

    hi, aku juga udh lasik dan mataku divonis kering bgt sm dokternya shg hrs pake systane gt (obt buat dry eyes). menurut pengalaman kamu aku hrs pake smpe kpn yah?

  44. andy

    wah benar sekali dokter di kita mah suka meremehkan penyakit apalagi operasi ,giliran tidak berhasil operasi wah ini dah parah ini nya itunya, kenapa juga tidak memberitahu sebelum operasi ,mata saya yang sebelah dah habis 27 juta itu untuk ioperasi katarak pertama dan kemudian retina yang robek tapi apa hasilnya mata saya tetap buram.mestinya pemerintah membvuat aturan garansi operasi tuh biar dokter dikita lebih berhatix dan tidak ceroboh dalam melakukan operasi.

  45. andy

    yah saran saya yang masih bisa dibantu kacamata lebih baik pakai kacamata , kalau operasi lasik atau apa saja bisa menjamin 100 persen baru lakukan , itu dokter ahli mata sendiri banyak yg pakai kacamata merekax tak melakukan operasi mata atau lasik kenapa yah?

  46. ratno

    jadi menurut kalian tempat lasik yang terbaik di mana jangan di pandang dari segi pembayaran tp pandanglah dari profesional dan keberhasilan nya? mohon bangtuannya! terima kasih

    1. Imel

      Sebaiknya jangan lakukan lasik apabila masih bisa memakai kacamata.
      Karena efek yang dialami orang berbeda-beda.
      Seperti saya melihat berbayang.. itu sangat tidak enak. tidak tahu apa yang menyebabkan dan sangat mengganggu.

  47. ogimöN

    slm knal all, sblumnya mau ngucapin makasi bgt ama bang petock atas share pglamannya amat sangat mbantu sya, kbtlan sya jga dri luar daerah kmren smggu lalu uda lasik d JEC menteng, trkhr kntrol kndsi flap bgus overall kndisi mta bgus, kelhan sie hnya mata agak merah wkt bgun tdur, n ada krasa efk starburst dmalm hari, slebihnya gda yg menggangu sma skali, untk kejlasan/ktajaman pglhatan memank sblumnya dr. Uda blg mgkn targt mata stlh dlasik masi ada sisa -1 n -2, wajar sie coz minus sya uda -12 n -15, WOWW!! Dkter sblmya nyaranin untk phakic/tnam lensa aja, tp krna emank ekspektasi sya g hrus 0 minusnya stlah lasik n ada kngerian jga ngbyangin mata dbedah jdi sya tetep hajar dlasik aja, Hehee, jd skrg emank masi rda kbur2 dkit tp bwa nyante aja, sya brsukur bgt uda bsa ngeliat jelas tnpa kcmta saat ini,

  48. bang petock blog abang ini bener2 bermanfaat buat referensi aku, makasih buat share pengalamannya, dan makasih buat agan2 n agan2wati yang juga mau ngeshare pengalamannya lewat komentar2nya
    aku bingung, aku baru pake kacamata 3 tahun, lepas copot lepas copot, alhasil sekarang minus kanan 3 minus kiri 2,25 silinder kanan 3,25 silinder kiri 3, pake kacamata bener2 berat buat aku, pake softlens repot lagian ga ada yg cocok buat aku yg silindernya tinggi, berobat alternatif ada kali aku udah ngeluarin 10 juta lebih tapi ga ada hasil, harapan aku tinggal lasik yang katanya setelah melakukan prosedur ini kita bagai memiliki mata baru, tapi baca2 pangalaman kakak2 kayaknya lasik banyak banget resiko n kekurangannya, andai aja komplikasinya cuma silau aku berani nanggung, wong pake kacamata aja silau kalo malem, yang aku takut itu kalo mata kering terus2 an, terus masih nyisa minus atau silindernya pasca lasik, itu aja sih, tolong kasih masukan ya kakak kakak, lebih bagus lagi kalo kita bikin grup di facebook nih 🙂

    1. petock

      Maaf Aryo, saya baru balas..
      Trims sudah share ke blog saya.
      Saran saya sebaiknya konsultasi dulu ke dokter mata di klinik lasik. Periksa secara detail dengan alat-alat yang ada, ntar hasilnya konsultasi ke dokter matanya.

      Kalo penjelasanannya memuaskan, sisa kamu menguatkan hati dan hmm.. kantongmu kalo mau ikutan lasik 🙂

      Tapi kalo masih minus 3 saya kira belum perlulah dahulu.. (tapi ini pendapat saya pribadi ya)
      selamat mencari info ya.. Thanks

  49. effendy

    @ Aryo…. salah satu prosedur lasik adalah pemeriksaan pra lasik. di situ mata kita bisa diperiksa apakah layak di lasik atau tidak . Memang ada ” resiko ” setelah lasik misalnya silau , efect halo ( berbayang ) , mata berair dll….. berdasarkan pengalamanan ( saya , istri dan kakak saya ) setelah lasik tdk terjadi efek apapun. Memang mata lebih sensitif tehadap sinar matahari dibanding sebelumnya ( bukan masalah besarlah ). Pemeriksaan pralasik dapat menentukan apakah mata akan kembali normal setelah di lasik termasuk minus dan selinder . Mata saya minus 5 dan selinder 1,5 dan sekarang normal. Demikian infonya

    1. tapi dari cerita cerita diatas sampe ada yang ga dikasih tau besar pupil, bahkan ada yang udah melakukan prosedur lasik tapi mengalami masalah visi yang ga ilang sampe 6 bulan setelah lasik, orang orang ini kan dilasik setelah dinyatakan layak lasik kan….

    1. petock

      Mata Glare habis lasik itu biasa, asal rajin tetes mata nanti akan hilang sendiri glarenya. bersabar saja. Untuk yang disisakan minus 0,5 nanti akan berguna setelah berusia di atas 40 thn krn mata yang seharusnya pakai kacamata plus bisa ndak usah pake kaca mata baca lagi.
      Sekarang saya tidak perlu pake kacamata baca, walaupun tulisan kecil banget di ipad, tetap aja terbaca. Teman-temanku kalo membaca musti repot cari kacamata, saya sih santai aja bacanya. Itulah kegunaan lasik yang masih disisakan.

      1. Aldo

        Kalo yg kanan masih double vision , umur sy. 30 tahun, mata kiri -4.75 kl kanan -4.0 yg kiri skrg masih ada sdikit efek glare/starburst yg kanan masih ada efek double vision dan ga bisa fokus gt jd seakan2 masih ada sisa minus dikit.

      1. Aldo

        Krn teman saya disitu dgn dokter V tapi sudah 7 bulan tetap berbayang dan dia stress skali. Ktnya krn retinanya tipis tp pas cek ke dokter retina, bukan krn itu ktnya

  50. Abdullah

    Mas, saya operasi katarak tgl 12 sept 2013,,
    Pekerjaan saya selalu berhubungan dgn laptop.
    Kira2 sampai kapan sy bisa beraktifitas kembali ?
    Terima kasih mas.

  51. Putri

    Dear teman teman sesama mantan pasien Lasik dan teman teman yang butuh info utk menjalani Lasik,
    Saya (25 tahun) ingin ikutan sharing juga ni ttg lasik, Sebelum dilasik, mata kanan minus 6,5 silinder 2, mata kiri minus 5,5 silinder 1,5.

    Jadi, akhir Sept 2013 lalu saya menjalani lasik dgn 6D-Z Lasik di JEC Kedoya (di klaim bahwa ini adalah mesin lasik terbaru dan tercanggih, hanya ada 1 di seluruh indonesia dgn tingkat akurasi yg paling baik diantara metode lasik lainnya). Harga lasiknya sebesar 26,8 juta utk 2 mata.

    Awalnya saya adalah pasien di JEC Menteng, ttapi karna mesin di sana pada waktu itu sedang di maintanance dan saya harus menunggu lama sekali (sekitar 3 minggu tdk ada kejelasan) maka saya memutuskan untuk pindah ke kedoya.

    Setelah sampai di Kedoya, saya langsung masuk ke lantai 6, tunggu di ruang tunggu operasi lasik, di periksa oleh suster untuk pralasik, ditetesi obat anastesi dan di bersihkan seputar mata. Kemudian ganti baju operasi, masuk ruangan operasi.

    Oiya untuk 6D-Z lasik, alat yang digunakan hanya 1 mesin saja, jadi pembuatan flap dan laser dijadikan dalam 1 proses.
    Saat operasi mata kanan saya berlangsung dengan lancar, tetapi di mata sebelah kiri, ternyata menurut dokter, tulang dahi sebelah kiri saya lebih tinggi dibanding kanan, dan dokter mengalami kesulitan untuk memasangkan alat suctionnya.
    Jadilah, mata kiri saya di suction 3 kali, cukup sakit, dan keesokan harinya setelah saya sadar (mata saya sudah bisa saya buka), terjadi bleeding atau mungkin lebih tepatnya pembuluh darah mata kiri saya pecah, sehingga warnanya merah seperti vampir.
    Untuk mata sebelah kanan, kata dokter karena minusnya lebih tinggi jadi flapnya lebih tipis, jadi saya dipakaikan softlens agar flapnya kembali merekat ke kornea.

    Saat ini sudah nyaris 2 minggu, penglihatan saya masih belum terlalu fokus, seperti masih ada sisa minus. Mata kanan masih seperti ada bulu mata yng masuk, jadi inginnya kedip2 terus. sebelah kiri mata masih merah, dan kata dokter akan disappear dengan sendirinya. mata ga terlalu kering, baca tulisan masih agak sulit dan suka pegal.

    Semoga membantu ya infonya

  52. terry

    Mau nanya nih, terus obat tetes matanya diberhentikan jika sudah berapa bulan?
    Terus pas lasik itu sakit banget apa nggak sih? Bisa pake obat bius tidur ga itu?

  53. reza

    Saya habis z lasik seminggu yang lalu di SBY (cuma 1 mata doank karena mata kiri saya tidak lasikable n udah kena amblyopia)…sampe skarang saya belom bisa baca dekata+liat komputer dengan jelas (tp bisa kalo pake kaca mata baca)… pandangan menengah jauh juga serasa ga sebaik dl waktu pake kacamata…. ada yg mengalami gini jg ??

    1. petock

      Dear Reza, kalau baru 1 minggu memang belum bisa apa-apa. Mata kita masih penyesuaian dan otak kita masih belajar menerjemahkan gambar-gambar yang baru diterimanya. jangan takut, selama kamu konsultasi ke dokter dan dokter bilang normal, legakan hatimu saja deh..
      Sabar ya.. penderitaan baru berakhir kalo sudah melewati 6 bulan deh.. (ini pengalaman pribadi saya)
      Sabar ya.. Trims karena sudah meramaikan blog saya ini.

      Semoga cepat sembuh ya..

  54. Susan

    Halo ka petock dan tmn2..
    Aku mau minta pendapat nih?namaku susan umurku 21 th.aku tinggal ∂ï jakarta mataku kanan dan kiri± – 14 dan ada sedikit silinder..apakah dengan lasik bisa sembuh?dgn metode lasik apa yang terbagus dan brpa biaya nyaa?trims bls

    1. petock

      Halo Susan,
      Menurut saya, sebaiknya kamu ke Jakarta Eye Centre atau Klinik Mata Nusantara untuk periksa dulu. Nanti di sana mereka akan memeriksa, apakah matamu bisa di lasik atau tidak. Periksa pake komputer jadi ndak sakit kok.
      Abis itu kamu konsultasi sama dokter mata yang ada, termasuk biayanya.

      Sebaiknya kamu ambil perbandingan buat harganya antar kedua klinik itu. Saran saya, jangan lupa cari dokter mata yang komunikatif, supaya kita bisa memperoleh info yang lengkap dan hatimu tidak bertanya-tanya dan akhirnya jadi takut.

      Ok? selamat memeriksakan matamu ya.. Saya doakan semoga cepat bisa bebas dari kacamata ya.. Bye..

  55. Brother

    Saya terkesan dengan informasi di blog ini
    Bagimana keadaan mata Pak petock sekrang ?
    Apakah masih mengalami efek samping dari tindakan LASIK?
    Seperti mata kering, mata merah, efek biintang dll?
    Terima kasih jawabannya

    1. petock

      Halo Sdr Brother, senang bisa menjawab pertanyaan anda. setelah 5,5 tahun berlalu sejak operasi lasik, kondisi mata saya sbb:
      1. Mata agak cepat letih jika membaca buku. Kalau bekerja di depan komputer atau membaca di komputer tablet malah tidak terlalu letih.
      2. Mata masih sering terlihat merah. Tetapi pada prinsipnya tidak mengganggu
      3. Mata memang sering terasa agak kering, tetapi tidak selalu terasa begitu. Ini dapat diatasi dengan tetes mata.
      4. Kalau malam tidak ada pandangan berbintang sama sekali. Semuanya OK saja.
      5. Yang paling penting adalah setelah 5 tahun operasi lasik, saya tidak menyesal sama sekali telah di lasik. Hidup lebih menyenangkan tanpa kacamata 🙂

      1. petock

        Mata setelah lasik memang beda dengan sebelum lasik. Tapi benefit yang saya dapatkan setelah lasik jauh lebih banyak daripada harus pakai kacamata.
        Mata sudah tidak mengganggu kegiatan sehari-hari, malah membantu skalee

  56. Dian

    terima kasih pak ,postingan anda sangat bermanfaat
    saya ingin bertanya pak, apakah 2 minggu setelah lasik mata kita mampu untuk aktifitas misal kuliah pak? sebab saya tidak ingin meninggalkan kuliah terlalu ;lama pak
    mohon dibalas di email saya dianpuspita511@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    1. petock

      Dian, waktu 2 minggu setelah lasik sebenarnya penglihatan kia blum bisa dibilang normal kembali.
      Pasti matanya masih sering gatal, sepet, penglihatan msh agak kabur, kalo malam sumber cahaya terlihat seperti bintang.
      Saya sdh masuk kantor setelah 1 minggu lasik. Tetapi mata masih tdk bisa dipaksa sekali.
      Mungkin lebih bijak jika memilih waktu liburan untuk lasik, itu saran saya.
      Trims ya karena sdh berkunjung ke blog saya.

    1. petock

      Deny yth,
      Mata kananmu pasti akan berangsur-angsur terang. Biarkan matamu relax dulu dan otakmu membutuhkan beberapa waktu untuk memproses dan belajar “melihat” kembali.
      Bersabar ya..

      Kalo sdh sembuh, tolonv posting lagi di sini ya. Supaya semuanya tahu deh..

      1. kalo mata masih agak kabur apa boleh ini mata dibuat membaca atau melihat hp, komputer dll ? atau dibuat istirahat dulu ? soalnya kan udah 5 hari ini pasca lasik, untuk baca koran lama kelamaan seperti kabur gitu pak kaya gak focus gitu. terimakasih atas sarannya pak petock

  57. mau nnya plis jwb yah..aq td udh cek mata tnyta tebal kornea q hnya 485 micron..sdgkn minus q udh 8., jd kt dokter lasik bysa hnya mmpu mengurangi minus smpe 3, pcuma aja kn klo gtu., jd q hrus lasik jnis apakah supaya bisa smpe 0 minusnya? di rs mn?

    1. petock

      mau nnya plis jwb yah..aq td udh cek mata tnyta tebal kornea q hnya 485 micron..sdgkn minus q udh 8., jd kt dokter lasik bysa hnya mmpu mengurangi minus smpe 3, pcuma aja kn klo gtu., jd q hrus lasik jnis apakah supaya bisa smpe 0 minusnya? di rs mn?

      Jawab: Sdri. Indah, Kalau tentang hal teknis demikian, saran saya sebaiknya kamu mencari second opinion dari dokter mata yg lain. Lalu kamu bandingkan dan jangan lupa cari info sebanyak-banyaknya.

      Kalau tentang minus 3 dari minus 8, ya.. itu tergantung dari kamu ya.. kalo aku sih lumayan membantu sih.. cuman.. rada sayang juga ya.. kalo bisa jadi 0 kenapa ndak dikerjakan gitu ya..

      Sebaiknya tanya2 dulu deh.. siapa tahu ada teknologi baru yg bisa membantu.

      Trims ya..

      Salam,
      Petok

  58. mau nanya lagi pak, tolong dijawab ya. udah 3 mingguan setelah lasik, mata kiri sudah terang dan jelas tapi kanan masi belum ada perubahan pak. masih kabur. apa ini bisa sembuh total ? kalo bisa jangka waktunya sekitar brp bulan ?
    soalnya saya takut pak kalo mata kanan saya tetep gini terus

  59. Geens

    Pak nanya donk…

    Bapak tindakannya dibuat Monovision atau semua minus dihabisin pak?
    Sekarang kalau baca dekat gmn pak.? Pake kacamata atau ga ya?

    Saya ragu utk ambil tindakannya. Mau yg monovision atau yg hilangkan minus utk baca pake kacamata plus.
    Bingung bingung..

    1. petock

      Sorry saya telat membalas pesanmu. Untuk kondisi mata sewaktu mau dilasik, oleh dokternya saya disisakan minusnya 1,25 agar kalo membaca tulisan kecil ndak perlu lagi pake kacamata plus (maklumlah, saya sdh terpengaruh faktur umur).
      Jadi kalo melihat jauh, saya masih OK, tapi kalo mau lebih OK tetap harus pake kacamata -1,25. Kenyataan sehari-hari saya ndak pake kacamata lagi kalo di kantor atau di rumah. Ntar kalo mau nonton spiderman ato apa gitu di bioskop baru kacamatanya dipake.
      Yang aku paling ok adalah sekarang ndak perlu lagi pake kacamata minus untuk baca tulisan kecil-kecil. Overall.. it’s OK lah lasiknya.

      1. mujay

        Gan jika asumsi dana mencukupi. Lebih milih mana JEC, iCare atau KMN?Karena biaya paling mahal blm tentu terbakk

  60. Annisa Septia

    terimakasih pak atas postingan pengalamannya, sangat membantu. saya juga berniat untuk melakukan lasik kedua mata saya, hanya saja saya masih bingun untuk memilih rs mana untuk melakukan lasiknya. kaka saya memberikan opsi dilasik di jakarta atau singapore. hanya saja saya masih sangat bingung memilih di jakarta atau singapore. jujur saya masih gatau apa-apa tentang lasik dan rs apa yg baik untuk melakukan lasik dan apa kelebihan dan kekurangan dari masing2 rs yg di jakarta atau singapore itu. saya sudah baca2 di internet katanya kalo di indonesia itu ada JEC yang bagus terus di singapore itu ada 1. Paragon, 2. Shaw lido, 3. NUH. cuman saya masih bingung kelebihan dari rs lasik masing2 negara ini. Mohon info dan bimbingannya, terimakasih 🙂

    1. petock

      Mengenai Rumah Sakit, saya tidak terlalu tahu perkembangan terkini. Mungkin ada baikknya cari info sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber.

      Kalo dari segi biaya, lasik di Jakarta lebih murah daripada Singapore. Dan juga kalo kontrol pasca operasi lebih mudah di Jakarta bukan?

      Mutu operasi tidak kalah dengan Singapore. Dokter kita OK-OK punya kok.

  61. mujay

    Apakah sudah ada yang pernah operasi Lasik di KMN? sharing dong pengalamannya. dengan dokter siapa dan gmn progress srkg ini. sepertinya saya mantab di KMN cuma blm nentuin dokter yang mana. tks

  62. Chintya Ayu

    Saya baru aja lasik di JEC tanggal 14 juli lalu. 1 hari setelahnya, mata saya jelas banget.

    tapi kenapa besoknya malah jadi burem & berbayang lagi ya? 😦 apa emang normalnya begini atau cuma mata saya aja?

    terus malah ada floater juga, kayak ada benang pendek warna item gitu yang ngeganggu pandangan.

    saya takutnya ini gara2 mata saya kena laser di mall pas 2 hari setelah lasik.

    1. petock

      Ayu, gejala itu normal kok.
      Mata kamu sudah melihat bagus sebetulnya, tetapi otak kamu yang sementara belajar menyesuaikan diri. Jadi bersabar saja..

      Tetap berhati-hati saja dengan mata yang baru saja dilasik itu. Tetap tetes mata, jaga agar tidak kena debu dahulu dan yang terpenting matanya jangan dikucek ya.

      Kalo sudah sembuh tolong komen dunk di blog ini. Trims

  63. Fani

    Hi pak petock salam kenal.
    Saya ingin bertanya terkait operasi lasik.
    Saya rencananya akan operasi lasik pada bulan Oktober 2014 di JEC Menteng. Yang ingin saya tanyakan, adakah rekomendasi Dokter lasik di JEC Menteng? kemudian karena saya tinggal di Bengkulu saya memerlukan penginapan. kira2 penginapan mana ya pak yang dekat dan nyaman?
    Kira2 setelah lasik harus kontrol lagi kapan ya pak, 1 minggu setelah operasi, 1 bulan setelah operasi atau ada jangka waktu tertentu untuk kontrol? apakah saya bisa pulang dulu ke bengkulu, karena akan memakan biaya yg mahal apabila terlalu lama menginap di hotel.
    Terima Kasih

    1. petock

      Fani,
      Kalo dokter-dokternya aku ndak kenal, jadi ndak bisa rekomendasi. Sebaiknya kamu cari-cari info dgn google nanti akan ketemu kandidatnya.

      Terus penginapan yg dekat saya juga ndak tahu. Boleh juga telpon ke RS itu, lalu tanyakan penginapan apa yang ada dekat sana. Biasanya staf RS akan memberitahukannya. Terkadang hotel itu memberikan diskon kalo kita pasien RS dekat sana.

      Terus untuk kontrolnya, saya kontrol cuma 2 kali. sehari setelah lasik dan 3 hari setelah lasik. Habis itu ndak lagi. Dokter saya cuma pesan kalo ke Jkt tolong singgah spy bisa dikontrol lagi. Jadi pas 3 bulan sesudah lasik, saya pas dinas ke Jkt, lalu sempatkan diri kontrol. Oleh dokternya dikatakan bagus dan ndak usah datang lagi.

      Semoga info saya dapat membantumu. Trims..

      1. Lani

        Terima kasih sharingnya.. sangat membantu teman2 yang ingin lasik. Saya sendiri sudah menjalani lasik 9 tahun, Juli 2005 di KMN Kemayoran oleh Dr Hadi Prakoso dan setelah 9 tahun penglihatan stabil, minus tidak bertambah juga tetap tidak memakai kacamata plus. Hasil menjalani lasik adalah salah satu keajaiban yang saya alami dan syukuri.

        Setelah 20 tahun memakai softlens memutuskan untuk bebas dari softlens harian.
        Mata saya minus 8.5 dan 7.0 dan sedikit cylindris.
        Untuk mensiasati mata plus, dokter menganjurkan mata kiri dibuat -1 dan kanan 0, hal yang sebelumnya biasa saya lakukan dengan softlens – teknik monovision.

        Karena pertimbangan sisa tebal kornea mata vs koreksi cornea, salah satu mata dilakukan Lasek dan satunya Lasik. Keduanya dilakukan sekaligus.Beda Lasik dan Lasek http://www.the-lasik-directory.com/lasik_lasek_chart.html Yang saya alami di KMN Kemayoran, pasien berbaring di meja operasi dan sebelumnya mata telah ditetes dan otot luar mata disuntik anestesi (agak lupa tepatnya) dan tetap sadar serta tidak berkedip.. hehe. Tapi yang jelas saya tidak merasakan pegal atau sakit apapun saat operasi.
        Yang pasti saat saya bangun dari meja operasi saya bisa membaca jam dinding di atas saya.. A miracle starts to happen.

        Pulang dengan goggle dituntun suami dan saat tidur mata harus memakai plastik pelindung supaya tidak tergaruk tangan, dsb

        Begitu sampai rumah, dimulailah sakitnya untuk mata yang di Lasek, cenut2, perih, air mata mengucur dari mata dan hidung, persis seperti saat menangis berkepanjangan, sampai habis tisu 1 box. Mata yang di Lasik tidak sakit.
        Keesokan harinya kontrol ke Dr dan diberi obat tetes mata dan rasa sakit serta air mata berhenti.

        Kemajuan yang saya alami:
        – Setelah operasi mata yang di Lasik sudah bisa melihat jauh dan melihat tv aekalipun masih belum jelas dan stabil.
        Melihat dekat seperti baca tulisan di koran, komputer dan handphone baru bisa setelah hari ke 3 atau ke 4.
        – Penglihatan di malam hari dalam gelap misalnya membaca nama jalan, no rumah baru pulih setelah sekitar minggu. Tapi sampai sekitar 1 bulan kalau melihat lampu masih ada kabut halo sekitar cahaya lampu
        – Kalau mata yang di Lasek perlu waktu 1 bulan untuk normal, tetapi kualitas penglihatan dan clarity ‘sedikit’ lebih baik daripada yang Lasik. Cuma perihnya ituu..
        – Setelah Lasik saya tetap rutin menetes mata dengan Cenfresh atau eye drops karena mata cenderung agak kering, seperti memakai softlens.
        Juga mencuci mata sudah kebiasaan rutin yang dilanjutkan
        – Multivitamin untuk mata juga saya minum terutama saat saya merasa mata diforsir atau lelah.
        – Ukuran penglihatan saya masih sama setelah 9 tahun Lasik. Syukur pada Tuhan
        – Sampai saat ini saya tetap tidak memakai kaca mata plus atau softlens apapun. Saat med check-up rutin, dokter selalu membuatkan resep kaca mata plus karena usia, padahal tulisan kecil masih bisa saya baca.
        Saya tetap bisa membaca tulisan kecil di handphone dengan posisi jarak mata yang normal (tidak dijauhkan hehe) dan saya bilang ke dokter saya tidak akan memanjakan mata saya dengan kaca mata plus sampai semampu saya.. tentu dengan alasan vanity/ penampilan juga hehe.
        Selain itu saya juga tahu, begitu saya memakai kaca mata plus, diafragma mata akan menjadi malas dan dalam hitungan minggu atau bulan tidak akan bisa membaca dekat tanpa kaca mata plus

        Sampai saat ini saya mensyukuri bahwa saya mengambil langkah berani untuk melakukan Lasik 9 tahun yl dan memperoleh penglihatan normal adalah salah satu keajaiban yang saya alami dalam hidup ini. Puji syukur pada Tuhan dan pada kemajuan teknologi serta dokter yang melakukan operasi ini.
        Semoga sharing saya ini dapat menambah informasi untuk teman2 lain yang ingin melakukan Lasik.
        Juga terima kasih banyak untuk sdr petock yang telah menulis tentang hal ini.

    1. petock

      Florinda,
      Maaf saya tidak tahu apakah bisa menggunakan softlense setelah lasik. Mohon diingat bahwa lapisan mata (flap) yang dibuka sewaktu lasik tidak dijahit bukan? flap itu cuma ditutup kembali. Apakah flap ini bisa menyatu kembali seperti sedia kala atau bagaimana saya tidak tahu. (Mohon kalau ada pembaca lain yang tahu dapat dibagikan kepada kami di blog ini). Ketakutannya cuma satu, jika sekiranya contact lense itu merusak flap yang tidak dijahit itu, alias flap terbuka akibat gesekan dengan softlensenya.

  64. aan

    wahhhh kerennn bngeddd…
    semua yang telah lasik bisa kumpul bercerita dimari…
    ahhh akan sangat berbahagia klo pak petock bisa membuatkan grup di facebook untuk sharing pengalaman lasik…
    btw sy juga pemakai kaca mata karena minus, sdh dr kls XISMA sampai sekarang. 14 tahun minus sy semakin naik dan naikk…
    sekarang sudah 6 dan 7
    duchhh banyak bangedd
    mau lasik tapi blom punya biayaa
    buat saya biaya segitu sangatlah besar…
    tp sangat berbahagia membaca blog pak petock yg sukses lasik
    juga temen2 semua…
    yg masih proses penyembuhan smoga sgera sembuh ya
    aaamiiin

    1. petock

      Dear fifi, jika 17 tahun sudah bisa lasik atau belum, sebaiknya tanyakan ke dokter mata dulu ya..

      Memangnya minusnya Fifi sekarang berapa?

  65. Sagita

    Maaf mas numpang tanya??
    Dr pengalaman bapak ada hal yg saya ingin tau :
    1. Klau minus tinggi 8,00 bisa dioperasi lasik??
    2. Dgn minus diatas saya jg msih kurang jelas melihat jauh, yang saya tdk mengerti stelah ditambah minusnya malah jadi kabur seperti ada batas pandang
    3. Klau dibali mas tau gak tempat/RS yg melakukan operasi lasik??
    Segitu dl pertanyaan dari saya makasi banyak atas perhatiannya

    1. petock

      Dear Sagita,
      Maaf ya komentarnya baru saya tanggapi. Senang sekali bisa mendapat feedback dari netizen lainnya.

      1. Minus tinggi dapat dilasik sejauh bentuk lensa mata anda memenuhi syarat untuk dilasik.
      2. Kalo sudah ganti kaca mata yg tambah minusnya tapi masih kabur dan jarak pandangnya ada batas, sebaiknya periksakan ke dokter mata dulu, supaya diagnosanya tepat.
      3. Kalau di Bali saya ndak tahu tempat untuk lasik. Sebaiknya bertanya pada beberapa sumber yang terpercaya deh..

      Trims buat tanggapanmu di blog saya ini ya.

  66. Agustinus

    Selamat malam semuanya,

    Terimakasih atas sharingnya pak Petock.
    Saya umur 36 tahun. Mata Kiri -7 Kanan -6.5.
    Sudah pakai kacamata sejak kelas 3 SD.
    Tgl 28 September 2016 baru di melakukan tindakan dengan Metode “ReLEX SMILE” dengan biaya 32jt. Katanya teknologi paling baru. Generasi ke-3 dari teknik lasik. Jd udah tidak di buat Flap di kornea. Buat yg ingin lebih tahu lebih detail ,

    http://jec.co.id/id/news-promo/news/126/relexr-smile-explore-the-world-without-glasses

    Saya hanya ingin sharing saja. Sudah melakukan tindakan relex smile, dengan Dr. Vidyapati. Memang kelihatannya lebih simple di bandingkan dengan teman-teman yg lasik. Tidak menderita sama sekali. Sensasi yg dirasakan setelah tindakan, berkabut tidak karuan. 🙂

    Besoknya baru mendingan, tapi tetap berkabut.
    Datang kontrol ke-1, katanya minusnya udah 0. Senang rasanya. Tapi pandangan masih buram dan berkabut.
    Belum bisa fokus dekat. Kalau jauh pun masih buram. Jarak tertentu doank baru bisa melihat dengan lumayan jelas.

    Hari ke 6 masih berkabut. Baca text laptop juga harus di Zoom gede2 meskipun masih kurang jelas. Coba lihat TV udah bisa baca subtitle. Tetap masih buram dan berkabut putih. Mata tidak kering dan merah2. Hanya merasa seperti ada sesuatu di balik kelopak mata atas.

    Jujur saja emang deg-deg an :). Teman saya ada yg 2 hari udah normal penglihatan terutama untuk fokus.

    Tar tgl 5 Oktober 2016 kontrol yg 1 minggu. Mudah2an bisa tidak tergantung dengan kacamata lagi.

    1. Dodi

      Mas Agustinus, bagaimana perkembangan matanya setelah lasik tsb? Saya juga berencana untuk memilih ReLex bila anatomi dan kesehatan mata memenuhi syarat.

  67. Ameliah

    Dari info yg saya dapat dri searching di gooogle, flap setelah operasi bisa dengan sendirinya melekat lg seperti semula tanpa dijahit. Jdi kemungkinan aman dan kembali seperti semula, ngga kebuka lg.

    Saya rencana jg mau lasik, smg layak lasik dan berhasil. Amin.
    Pak, kalau setelah lasik, ngga boleh cuci muka selama berapa lama? krn kalau mau sholat gimana wudhunya. Mksh 😊

    1. petock

      Flap memang akan menutup dengan sendirinya. Tetapi jika abis lasik, matanya jangan kena air dulu ya. Kalau cuci muka untuk wudhu sih bisa saja.. cuma hati-hati saja supaya matanya jangan kemasukan air dulu. Kalau air tidak steril matanya bisa infeksi dan flapnya sulit nutup dengan sempurna.

  68. sendi

    saya 2 thun lalu juga dilasik hal pertama yang saya rasakan setelah lasik mata sangat perih saking perihnya mata saya susah dibuka . baru setelah esoknya datang ke rs trus dikasih obat tetes sama dokternya mta kembali bisa dibuka mskipun rasa perih dan gatal masih sya rasakan . saat tes melihat tulisan juga keliatan tapi kok seminggu kemudian saat tes tulisan lagi pandangan berkabur hanya sebagian saja yg terlihat terutama huruf yg besar dan itu sampai skg masih blm 100% sembuh total sampe masa berobat habis sebagai catatan saya operasi lasik yg prk bukan lasik biasa . karna waktu itu memang rncana buat daftar angkatan tp gagal karna sampe skg masih minus entah minus brp blm saya cek lg . klo skg mata saya setiap pagi bangun tidur selalu agak lengket jika dibuka itu masih ditambah sedikit perih sampe mata jadi berair pandangan saat malam jika melihat lampu masih ada efek seperti hallo . packa operasi lasik prk dibilang nyesel ya nyeselnya karna gagal daftar angkatn karna msih minus tp positifnya pandangan mata masih lebih bagusan dbanding saat minus dulu . catatan mata saya minus 5 tp saat ini mungkin masih minus 1 / setengah . untuk tipe prk itu memang dikhususkan untuk yg mau daftar angkatan karna bisa untuk akivitas berat . so berfikir dlu untuk dilasik karna ga ada jaminan 100% mata kembali normal 😊

    1. petock

      Dear Ifa,
      Trims buat commentnya di blog saya. kalau baru hari ke empat memang masih buram. Itu normal kok.
      Otak kamu sedang menyesuaikan diri dengan informasi-informasi yang masuk melalui matamu.
      Istilah kerennya, otak kamu sedang ‘belajar’ cara menerjemahkan sinyal yang masuk untuk menjadi
      image yang kita mengerti.

      Jadi, saran saya, bersabarlah.. tetap kerjakan petunjuk dokter yang melasik kamu.
      Rajin tetes mata dgn dosis yang seperti yang disarankan dokter.
      Banyak istirahat supaya mata tidak kena debu dan tidak kerja keras dulu.

      OK? Semoga cepat sembuh ya..

      1. Stella

        Hi, saya mau bertanya. Saya mau mencoba utk memberanikan diri melakukan tindakan lasik ini. Hanya masih ragu. Boleh tau ga pak, bagaimana kondisi mata bapak saat ini? Apakah masih sangat normal dan efek2 mata kering dan lainnya sudah sama sekali tidak ada? Terima kasih atas info prosesur sebelumnya . 😊

      2. willmar

        Pak Petock mau tanya dong.. bapak kan setelah lasik belom bisa lihat jelas untuk pandangan jauh.. selama waktu itu bapak menggunakan kacamata minus kah?
        Tks

      3. petock

        Iya betul. masih pake kacamata minus. Sengaja tidak dibuat jadi normal kembali dan disisakan minusnya sedikit agar kalau membaca buku atau di depan komputer saya tidak perlu menggunakan kacamata baca yg Plus lagi.
        Ini point yg paling saya senangni dari lasik saya. ketika teman2 lain harus sibuk cari kacamata untuk membaca, saya langsung bica baca tulisan sekecli apapun, jelas terbaca.

  69. Satria Oktariadi

    Dear mas petock
    Saya baru saja lasik di sriwijaya eye center palembang sekitar 3 minggu lalu,tapi skg penglihatab saya blm bisa fokus dan rada burem seperti efek mines masih ada,tapi pada pagi hari bangun tidur mata saya terasa normal sekali,rasanya sangat tidak nyaman sudah bayar mahal2 tapi blm memuaskan,apakah gejala yang saya alami biasa atau ada masalah pak,saya sempet menghubungi orang yang melakukan lasik padq hari yang sama tapi info mereka sudah bisa melihat jelas,mohon pencerahannya pak petrus,terimakasih banyak

    1. willmar

      Pak Petock menggunakan kacamata minus brp? nah bapak menggunakan kacamata minus setelah brp lama setelah lasik?
      Saya sudah masuk hari ke 10 setelah lasik dan sampai skrg penglihatan saya masih belom tajam dan belom jelas sekali untuk liat jarak jauh.. sebaiknya saya tunggu sampai 1 bulan-2 bulan atau sudah menggunakan kaca mata minus yah?

      Tks

  70. Takdirwan harefa

    Mau tanya bu..?

    Anak saya kena penyakit glaucoma
    Di fonis dokter mata kiri nya,tidak bisa di selamat kan.di sarankan dokter mata kanan nya kita selamatkan,di operasi dengan cara membuat saluran cairan di mata nya.sudah 1 minggu tindakan operasi berlalu,mata kanan nya yang sebelum di operasi bisa melihat,tapi setelah di operasi tidak bisa melihat hanya cahaya dan bayangan saja.yang saya tanyakan bu..!?
    Apakah anak saya masih ada harapan untuk bisa melihat dengan normal kembali…?????? Sampai kapan? Kalau tidak tindakan apa saja saya harus lakukan..?
    TERIMA KASIH!

  71. Jessie

    terimakasih buat testimoninya pak. saya mau bertanya pak, waktu itu kan bapak lasiknya di jakarta terus tinggalnya di makassar. nah untuk konsultasi ke dokter pasca operasinya pak bagaimana? apakah ada konsultasi yg harus rutin dilakukan pak? dan kalau boleh tau, bapak di makassar periksa mata dimana?
    terimakasih

Tinggalkan komentar